Rabu, 24 April 2024

Alirkan Air Bersih ke Pulau Enam Touna, Sertu Fadli Canu Dianugerahi Soedirman Award

Sertu Fadli Canu | Foto: Detik.com

JAKARTA, KAIDAH.ID – Sertu Fadli Canu, seorang prajurit TNI AD yang berhasil mengalirkan air bersih ke Pulau Enam di Togean, Kabupaten Tojo Unauna. Atas prestasi dan dedikasinya itu, ia kemudian menerima anugerah Soedirman Award dari Mabes TNI.

Tentara itu menjabat sebagai Bamonranum-2 Ton 1 Detasemen Peralatan (Denpal) 2 Divisi Infanteri (Divif) 2 Kostrad.

“Sertu Fadli Canu mengalirkan air menggunakan pipa bawah laut sedalam 30 meter,” begitu yang disampaikan dalam pengumuman anugerah Soedirman Award, Senin, 13 November 2023 malam di Balai Samudera, Jakarta.

Prajurit itu tidak sendiri. Tapi ia dibantu warga setempat membuat tandon air di pulau sebelah, yang menjadi sumber air, kemudian dialirkan menggunakan pipa, dengan jarak kurang lebih 6,5 kilometer. Pipa tersebut kemudian melintasi laut hingga sampai ke Pulau Enam.

Atas kerja keras dan dedikasinya itu, sebanyak 1.752 penduduk yang menghuni Pulau Enam dapat merasakan ketersediaan air bersih.

Saat itu, warga mengeluh kepada tentara itu, soal sulitnya air. Mereka harus menyebarang ke pulau lain, hanya untuk mengambil air bersih.

Prajurit TNI itu kemudian menyampaikan keluhan warga kepada komandannya, akhirnya dilakukan pemasangan pipanisasi untuk mengalirkan air. Pengadaan air bersih ini juga merupakan program TNI AD Manunggal Air.

Kini, warga sudah dapat menikmati air bersih tanpa perlu menyeberangi pulau lagi. Mereka menyebut Sertu Fadli Canu bekerja tanpa kenal lelah untuk mengalirkan air bersih ke Pulau Enam.

Selamat !. (*)