Senin, 22 April 2024

Program Makan Siang Gratis Anak Sekolah Masuk APBN, Rp15 Ribu Per Anak

MAKAN SIANG - Ilustrasi makan siang oleh anak-anak | Foto: Sampoernaacademy

JAKARTA, KAIDAH.ID – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, memastikan program makan siang gratis bagi anak sekolah, akan masuk di dalam APBN 2025.

“Program makan siang gratis bagi anak sekolah yang diusung Prabowo-Gibran, ditetapkan Rp15 ribu per anak. Nilai itu tidak termasuk harga susu,” kata Airlangga Hartarto.

Sementara itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani, makan siang gratis bagi anak sekolah itu masih ada dalam program.

“Kan ini masih di dalam program. Kalau detail nanti lihat di dalam pembahasan mengenai pagu indikatif dari masing-masing kementerian dan lembaga,” kata Sri Mulyani di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, 26 Februari 2024.

Menurutnya, semua program baru yang masuk, termasuk program makan siang bagi anak sekolah tersebut, akan dihitung lagi, dan memakan waktu beberapa bulan.

“Nanti kita lihat dari existing program dengan apa yang akan masuk baru, dan nanti akan dihitung dalam sebulan ke depan,” jelas Sri Mulyani.

Sebelum sidang kabinet paripurna di Istana Negara, Senin, Sri Mulyani mengatakan, pemerintah menghormati proses pemilihan umum yang berjalan. Sehingga rapat terkait program presiden berikutnya, akan digelar setelah ada keputusan KPU.

“Bulan depan kita fokusnya lebih kepada pagu indikatif dan program-program prioritas, sambil menanti KPU memutuskan siapa pemerintahan nanti yang ofisial,” tandasnya. (RTS*)