Rabu, 24 April 2024

Marhaban Ya Ramadhan, Selamat Menjalankan Ibadah Ramadhan

MARHABAN YA RAMADHAN SIDANG Isbat Kementerian Agama bersama sejumlah ormas keagamaan Islam pada Ahad, 10 Maret 2024, diputuskan bahwa 1 Ramadhan 1445 Hijriah jatuh pada Selasa, 12 Maret 2024.

Keputusan itu sesuai dengan kriteria MABIMS, bahwa ketinggian hilal di Indonesia saat Matahari terbenam pada 10 Maret, berkisar antara 0,33 derajat di Jayapura, Papua, sampai dengan 0,87 derajat di Tua Pejat, Sumatra Barat.

Sementara, ketinggian hilal di Indonesia saat Matahari terbenam pada 11 Maret, berkisar antara 10,75 derajat di Merauke, Papua, sampai dengan 13,62 derajat di Sabang, Aceh.

Sedangkan posisi Bulan ketika tanggal 10 Maret di Indonesia, hanya sekitar 1 derajat atau bahkan kurang. Di Jakarta, kemungkinan posisi ketinggian Bulan bahkan hanya mencapai 0,7 derajat dengan elongasi 1,7 derajat. Posisi ini ini belum memenuhi kriteria MABIMS.

Dengan demikian, umat Islam baru akan melaksanakan Shalat Tarawih pada Senin, 11 Maret 2024 malam, dan mulai makan sahur pada Selasa subuh.

Rasulullah bersabda: “Makan sahurlah, karena sungguh di dalamnya terdapat keberkahan”. (HR Al-Bukhari dan Muslim).

Dari hadis di atas dapat disimpulkan bahwa makan sahur tidak hanya bermanfaat untuk menguatkan tubuh selama menjalankan ibadah puasa, tapi juga agar memperoleh keutamaan yang telah dijamin oleh Allah Subhanahu Wata’ala.

Oleh karena itu, Redaksi Kaidah.id menyampaikan Marhaban Ya Ramadhan, selamat menjalankan ibadah Ramadhan 1445 Hijriah bagi seluruh umat Islam.

Semoga Allah Subhanahu Wata’ala senantiasa memberikan taufiq dan hidayahNYA kepada kita sekalian.

Salam

Redaksi