Senin, 22 April 2024

Bakti Ridha Ramadhan Gandeng Inovator Muda Kota Palu

BRR - Program BRR (Bakti Ridha Ramadhan) 2024 dimulai pada Kamis, 29 Maret 2024 malam | Foto: ist

PALU, KAIDAH.ID – Program Bakti Ridha Ramadhan (BRR) 2024 telah dibuka pada Kamis, 29 Maret 2024 malam. Kegiatan tersebut, digagas dan didedikasikan untuk pencerahan warga di wilayah pinggiran Kota Palu, selama menjalankan Bulan Suci Ramadhan 1445 Hijriah.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di 15 masjid kecil wilayah pinggiran Kota Palu, antara lain masjid di Uwentumbu, Kelurahan Baiya, Palu Utara, dan Masjid Salena Bolonggima di Kelurahan Buluri.

Juga Masjid Kintabaru di Kelurahan Pengawu, Masjid di Kelurahan Petobo, Masjid Tagari Lonjo, Masjid Padanjese dan Masjid Watusampu Atas serta beberapa mesjid lainya di pinggiran Kota Palu.

“Kegiatan ini akan melibatkan 15 dai muda dan kawan-kawan inovator muda Kota Palu,” kata Ridha Saleh.

Menurut Ridha Saleh, pihaknya telah melakukan survei dan komunikasi dengan pengurus masjid dan para tokoh di lingkungan masjid masing-masing.

“Alhamdulillah responnya baik,” ujarnya.

Jenis kegiatan yang akan dilaksanakan seperti pesantren kilat durasinya 10 hari, di jam antara Dzuhur dan Ashar, dipandu oleh dai muda, sedangkan materinya tentang Dinul Islam, Tahsin dan Akhlakul Karimah.

“Prinsipnya, dengan materi ini diharapkan menambah kemampuan membaca Al Quran, pemahaman dasar keagamaan serta perubahan etika,” kata Ridha Saleh.

Menurut Ustad Hasanudin yang menjadi kordinator, program tersebut, sangat penting mengingat hal-hal yang seperti ini harus menjadi perhatian semua, karena masalah tersebut adalah inti dari ajaran dan kebutuhan dalam beribadah serta bermasyarakat.

“Karena kegiatan ini sifatnya baik sekali dan sangat penting,” ujarnya.

Senada dengan itu, Ketua Inovator Muda Kota Palu Abdul Rahman, mengatakan program ini sudah didiskusikan secara rutin selama dua hari bersama Ridha Saleh.

“Juga dilakukan survei ke tempat-tempat tersebut dan yang dilakukan ini menjadi kebutuhan dasar dan mendasar dari warga,” katanya.

Inisiator program, Ridha Saleh berharap kegiatan ini dapat menjangkau lebih banyak anak-anak.

“Kalau tahun lalu, kami melibatkan 400 anak, tahun ini target kita 800 anak. Semoga program ini berjalan lancar dan bermanfaat bagi warga,” tandasnya. (*)