Senin, 20 Mei 2024

Lebih Baik Umrah Daripada Mudik ke Ternate

HARGA TIKET - Perbandingan harga tiket Palu-Ternate dan Jakarta-Jeddah | Foto: kolase kaidah

Catatan Ringan Ruslan Taher Sangadji/Owner Kaidah.id

SUDAH MENJADI TRADISI, setiap jelang lebaran, para diaspora akan mudik ke kampung kelahiran mereka, untuk berlebaran bersama keluarga. Tetapi sebagian lainnya terpaksa mengurungkan niat mudik, karena terhalang harga tiket pesawat yang terlalu mahal.

Lebaran 1445 Hijriah, saya memilih mudik ke Ternate. Ada tiga alternatif transportasi untuk mudik ke Ternate. Bisa menggunakan bus dari Palu ke Manado, kemudian melanjutkan perjalanan dengan pesawat atau kapal laut dari Manado-Ternate.

Bisa juga dengan menggunakan pesawat dari Palu, transit Makassar, kemudian ke Ternate. Untuk pilihan ini, ada yang transit satu jam di Bandar Hasanuddin, Makassar, dan ada yang transit selama 20 jam. Artinya, kita harus menginap semalam di Makassar sebelum melanjutkan penerbangan ke Bandara Baabullah, Ternate.

Alternatif lainnya dengan menggunakan kapal laut. Tapi ternyata kapal laut KM Labobar dari Pantoloan Palu ke Ternate, jadwalnya baru ada pada 18 April 2024. Lebaran sudah selesai.

Celakanya, harga tiket dari Palu-Ternate, sangat mahal. Saya harus mengeluarkan uang hingga lebih Rp8 juta untuk membeli tiket pesawat.

Berdasarkan penelusuran di Traveloka, harga tiket pesawat dari Palu ke Ternate, tercatat Rp8.270.955 per orang. Artinya, jika saya harus berangkat berdua bersama istri, maka total harga Rp16.541.910.

Harga tiket semahal ini, ternyata harus menggunakan maskapai yang berbeda, dari Palu menggunakan pesawat Wings Air, kemudian transit selama 20 jam di Makassar, selanjutnya menggunakan Garuda dari Makassar-Ternate.

Harga tiket ini, ternyata lebih mahal daripada Jakarta-Jeddah dengan menggunakan maskapai Air Asia pada 8 April 2024. Di Traveloka, tercantum harga tiket untuk satu orang sebesar Rp6 jutaan. Artinya, jika saya bersama istri, cukup dengan membayar sebesar Rp12.927.040. Ada selisih lebih Rp4 jutaan daripada ke Ternate.

Lebih baik umrah daripada mudik ke Ternate. (*)