Kemana Longki Djanggola Setelah Selesai Menjabat Gubernur?

  • Bagikan
Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola | Foto: ochan/kaidah.id

PALU, KAIDAH.ID –  Longki Djanggola sebentar lagi akan mengakhiri masa jabatannya sebagai Gubernur Sulawesi Tengah. Penggantinya adalah Rusdy Mastura, mantan Wali Kota Palu yang menang pada Pilkada Desember 2020 lalu. Pelantikan Gubernur Sulteng yang baru, akan dilaksanakan pada Juni 2021 mendatang.

Lantas ke mana mantan Bupati Parigi Moutong dua periode itu akan melanjutkan karir politiknya?

“Insya Allah, jika Alah meridhainya, saya akan mencalonkan diri sebagai anggota DPR-RI,” kata Longki Djanggola di suatu kesempatan kepada kaidah.id.

Dalam kalkulasi politik, rencana Longki Djanggola itu bukanlah mustahil. Selain sebagai Ketua Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Provinsi Sulawesi Tengah, Longki Djanggola sudah punya modal politik yang kuat. Dua periode sebagai Bupati Parigi Moutong dan dua masa bakti Gubernur Sulawesi Tengah tanpa cacat, menjadi kekuatan bagi putra asli Kaili — etnis asli Lembah Palu itu.

Memang, dalam beberapa diskusi informal sejumlah orang, menilai bahwa langkah Longki Djanggola itu sudah sangat tepat, karena sejak reformasi, belum ada tokoh asli Kaili yang mewakili Sulawesi Tengah di Senayan.

“Saya pikir, langkah Longki Djanggola itu sudah sangat tepat. Beliau harus ke Senanyan,” kata Raja Banawa, Datu Wajar Lamarauna dalam suatu kesempatan.

Tetapi bukan karena alasan itu, yang mengharuskan Longki Djanggola berencana menjadi caleg DPR-RI pada Pemilu 2024 nanti.

“Masih banyak hal yang menjadi pekerjaan rumah saya untuk membangun Sulawesi Tengah. Dan insya Allah akan saya wujudkan jika mendapat amanat duduk di Senayan kelak,” ujarnya.

BAGAIMANA DENGAN SUPRATMAN ANDI AGTAS

Jika Ketua Partai Gerindra Sulawesi Tengah maju sebagai caleg di Pemilu 2024 nanti, bagaimana pula dengan Supratman Andi Agtas, anggota DPR-RI saat ini? Kemungkinan, Maman begitu biasanya mantan Sekretaris Umum Partai Gerindra Sulawesi Tengah itu disapa, tidak lagi menjadi caleg, karena memilih medan pengabdian yang lain.

Andi Mulhanan Tombolotutu, mantan Wakil Wali Kota Palu mengatakan, Maman akan mencalonkan diri sebagai Hakim Agung.

“Sekarang Maman sedang mempersiapkan diri untuk itu,” kata Mulhanan yang juga Ketua Majelis Wilayah Sulawesi Tengah Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) itu. Memang, belum ada konfirmasi dari Supratman Andi Agtas, tetapi banyak pihak yang mengaku telah menerima informasi itu. (ajid)

  • Bagikan