Minggu, 14 Juli 2024

Makassar Dinobatkan Sebagai Salah Satu Kota Paling Bahagia di Dunia

MAKASSAR - Masjid 99 Kubah di Kota Makassar | Foto: IG Kreasimu

PALU, KAIDAH.IDHappy City Index menobatkan Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) sebagai salah satu kota paling bahagia di dunia, setelah memperoleh skor 1.230,7.

Dengan begitu, Ibu Kota Provinsi Sulawesi Selatan ini menjadi satu-satunya kota di Indonesia, yang dinyatakan paling bahagia di dunia.

Kota Makassar disejajarkan dengan Gdansk dari Polandia, Barcelona dari Spanyol, serta Toulouse dari Prancis, dalam kategori Bronze Cities tersebut.

Sejumlah kota terkenal lainnya, yakni Kuala Lumpur dari Malaysia, Madrid dari Spanyol, dan Wuhan dari China juga termasuk dalam kategori ini.

Happy City Index menempatkan Kota Makassar di rangking ke-234 dari 250 kota di seluruh dunia. Pertama City Index pada posisi ke-157 di dunia, kedua Smart City Index posisi ke-115 di dunia.

Dan ketiga adalah Happiness Index masuk sebagai salah satu dari 250 kota di dunia dari 10 ribu yang dianggap sebagai Kota Terbahagia.

Sedangkan berdasarkan survei Happiness Index Kota Makassar mencapai 82,9 persen.

Indeks Kota Terbahagia di dunia ini dihitung berdasarkan beberapa indikator, seperti City 207,1, Government 225,8, Economy 322,9, Environment, 230,6, dan Mobility 244,3.

Dari semua penilaiannya itu, Kota Makassar yang dijuluki Kota Anging Mammiri ini meraih skor 1.230,7.

Dari penilaian tersebut, Kota Aarhus dari Denmark menduduki peringkat pertama kota paling bahagia di dunia, dengan total skor 1749,2.

Menyusul Zurich dari Swiss, Berlin dari Jerman, Gothenburg dari Swedia, serta Amsterdam dari Belanda, yang masing-masing menduduki peringkat kedua hingga kelima.

Dua kota dari negara Asia, yakni Singapura dan Seoul juga tergolong ke dalam golden ‘happiest’ city. Kedua kota itu masing-masing berada pada peringkat 34 dan 36.

Kemudian untuk kategori Silver Cities diisi oleh 63 kota dari berbagai negara di dunia. Kota seperti Tokyo dari Jepang, Milan dari Italia, Dubai dari Uni Emirat Arab juga termasuk dalam kategori ini.

Sedangkan untuk kategori terakhir, Bronze Cities, diisi oleh 150 kota dari berbagai negara di dunia. Selain Makassar, Valencia dari Spanyol, Abu Dhabi dari Uni Emirat Arab, Porto dari Portugal juga termasuk dalam kategori tersebut. (*)

Editor: Ruslan Sangadji