Minggu, 14 Juli 2024

Rudi Richardo: Kami Sudah Siap Sambut Kepulangan Jamaah Haji

BANDARA MUTIARA SIS ALJUFRI - Rudi Richardo, Kepala Bandara Mutiara SIS Aljufri Palu | Foto: Ruslan Sangadji/Kaidah

PALU, KAIDAH.ID – Pihak Otoritas Bandara Mutiara SIS Aljufri Palu, menyatakan sudah sangat siap menyambut kepulangan jamaah haji Sulawesi Tengah (Sulteng) yang dimulai pada 6 Juli 2024 nanti.

“Kami sudah sangat siap menyambut kepulangan jamaah haji. Kamu juga telah berkoordinasi dengan panitia dari Kanwil Provinsi Sulteng, Pemprov Sulteng dan pihak maskapai domestik, yaitu Sriwijaya Air,” kata Kepala Bandara Mutiara SIS Aljufri, Rudi Richardo kepada kaidah.id, Selasa, 25 Juni 2024 malam.

Dia mennerangkan, jamaah haji Sulteng itu bergabung dengan Embarkasi Balikpapan, sehingga nantinya jamaah akan terbang dari Bandara Sepinggan Balikpapan menuju Palu.

Lantaran itu, kata Rudi, berdasarkan hasil koordinasi dengan maskapai domestik yang melayani rute Balikpapan-Palu, yakni Sriwijaya Airline, akan mengangkut jamaah haji, angkutan jamaah haji dilakukan selama lima hari, dimulai pada 6, 7, 9, 11 dan 14 Juli 2024.

“Frekwensi penerbangan paling banyak di tanggal 11 Juli, yakni empat kali penerbangan, sedangkan yang lainnya dua sampai tiga kali penerbangan,” sebutnya.

Untuk diketahui, jumlah , jumlah haji dari Sulteng tahun 2024 sebanyak 2.073 orang ditambah 34 petugas haji, sehingga total calon haji dan petugas haji sebanyak 2.107 orang. Dari jumlah itu, tiga orang yang wafat di Tanah Suci. Jumlah yang wafat ini jauh lebih sedikit dibanding tahun 2023 yang tercatat sebanyak lima orang. (*)

Editor: Ruslan Sangadji