Sabtu, 13 Juli 2024

AKBP Sirajuddin Ramly Jabat Dirbinmas Polda Sulteng, Pangkatnya Naik Menjadi Kombes

AKBP Sirajuddin Ramly terhitung sejak 25 Juni 2024, dipercaya sebagai Dirbinmas Polda Sulteng. Dengan demikian akan mendapatkan kenaikan pangkat menjadi Komisaris Besar Polisi (Kombes). Kenaikan pangkat dilaksanakan pada 1 Juli 2024 nanti | Foto: ist

PALU, KAIDAH.ID – Ajun Komisaris Besar Polisi Sirajuddin Ramly, diangkat dalam jabatan baru sebagai Dirbinmas (Direktur Pembinaan Masyarakat) Polda Sulawesi Tengah (Sulteng).

Sirajuddin yang sebelumnya menempati jabatan Wakil Direktur Polairud Polda Sulteng itu, menggantikan Komisaris Besar Polisi Denny Jatmiko yang dimutasi sebagai Direktur Binmas Polda Bengkulu.

Pengangkatan dalam jabatan baru itu berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/1236/VI/KEP/2024 yang ditandatangani oleh Asisten Sumber Daya Manusia Irjen Pol Dedi Prasetyo, tertanggal 25 Juni 2024.

Dengan pengangkatannya dalam jabatan sebagai Dirbinmas itu, secara otomatis Sirajuddin Ramly akan mendapatkan kenaikan pangkat satu tingkat, dari Ajun Komisaris Besar Polisi atau AKBP menjadi Komisaris Besar Polisi atau Kombes Pol.

“Iya inysa Allah kenaikan pangkat dilaksanakan pada Upacara Hari Bhayangkara tangal 1 Juli 2024 nanti,” katanya kepada kaidah.id, Rabu, 26 Juni 2024 sore.

Dengan begitu, Sirajuddin Ramly merupakan alumni Universitas Tadulako (Untad) Palu yang pertama menduduki jabatan mentereng di Polda Sulteng.

Lantas siapa Sirajuddin Ramly? Berdasarkan penelusuran redaksi, perwira polisi ini lahir di Palu pada 4 Februari 1976. Setelah menyelesaikan S-1 dari Untad, dia melanjutkan studi ke Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana 2000.

Perwira yang berpengalaman di bidang reserse ini, pernah menempati sejumlah jabatan penting di wilayah kerja Polda Sulteng. Dia pernah menjadi Kapolsek Moutong, kemudian dipindahkan ke Palu sebagai Kapolsek Palu Utara.

Tak lama berselang, dia didampuk dalam jabatan baru sebagai Kasat Reskrim Polres Banggai Kepulauan, kemudian dimutasi ke Kabag Ops Polres Morowali.

Belum lama menduduki jabatan itu, dia dipromosikan lagi dalam jabatan baru sebagau Wakapolres Parigi Moutong. Dalam jabatan itu, dia tercatat berprestasi Ketika memimpin penangkapan sejumlah orang asal Uighur yang teridentifikasi terlibat dalam kelompok teroris Poso.

Atas prestasinya, Sirajuddin Ramly kemudian diangkat dalam jabatan baru lagi sebagai Kasubdit II Ditreskrimum Polda Sulteng. Setelah itu, dipindahkan Kembali ke Parigi Moutong dan diamanahi jabatan sebagai Kapolres pada 2017.

Setahun kemudian atau 2018, pimpinan memindahkannya Kembali sebagau Wadirbinmas Polda Sulteng. Setahun berselang (2019) dia dia mendapat penugasan baru sebagai Wadirkrimsus Polda Sulteng. Setelah itu, pada 1 Juni 2021 putra asl Ampibabo ini diserahi tugas sebagai Wadir Polairud.

Cukup lama Sirajuddin Ramly yang juga Ketua Majelis Wilayah KAHMI Sulteng itu bertugas di bagian air dan Udara Polda Sulteng.

Kemudian, terhitung sejak 25 Juni 2024, Ketua Dewan Masjid Kota Palu ini, mendapat amanat sebagai Dirbinmas Polda Sulteng.

Dia menyampaikan terima kasih kepada pimpinannya, yang telah mempercayakan jabatan Dirbinmas kepadanya. Dia berjanji akan bekerja maksimal sesuai bidang tugas yang diberikan.

“Tugas ini adalah amanah pimpinan yang harus saya jalankan. Insya Allah, saya akan bekerja sebaik-baiknya, sesuai bidang tugas yang diberikan pimpinan kepada saya. Mohon doa kita semua,” kata Doktor Hukum Untad itu. (*)