Indonesia, Malaysia dan Brunei Mengutuk Agresi Israel Terhadap Palestina

  • Bagikan
Presiden Joko Widodo | Foto: by Australian Embassy Jakarta is licensed under CC BY 2.0

JAKARTA, KAIDAH.ID – Tiga kepala negara sahabat, yakni Indonesia, Malaysia dan Brunei Darussalam, Ahad 16 Mei 2021 malam membuat pernyataan bersama atau joint statement mengutuk agresi Israel terhadap Palestina.

Pernyataan itu resmi disampaikan Presiden RI, Joko Widodo melalui akun Twitter @jokowi, Minggu malam.

Dalam pernyataan tersebut, Presiden Jokowi menulis, ada Sembilan poin penting yang disampaikan bersama Perdana Menteri Malaysia, Tan Sri Muhyidin Yassin dan Sultan Brunei Darussalam, Hasanal Bolkiah.

Pimpinan tiga negara itu mengutuk pelanggaran dan agresi terang-terangan yang berulang kali dilakukan oleh Israel, yang menargetkan warga sipil di seluruh wilayah pendudukan Palestina, khususnya di Yerussalem Timur dan Jalur Gaza.

“Kami mengutuk, dalam istilah terkuat pelanggaran dan agresi terang-terangan yang berulang kali dilakukan oleh Israel terhadap Palestina,” tegas Presisden  Joko Widodo mengutip pernyataan bersama atau joint statement itu.

Para kepala negara sahabat itu juga mendesak Dewan Keamanan PBB, segera bertindak dan mengambil semua tindakan untuk menjamin keselamatan serta perlindungan terhadap warga sipil Palestina.

 “Kami juga meminta semua pihak menahan diri serta meminta kedua pihak yang terlibat konflik, agar dapat menerima kehadiran internasional sementara di Al-Quds untuk memantau penghentian permusuhan,” demikian isi pernyataan bersama tersebut yang disampikan Presiden Jokowi. (ochan)

  • Bagikan