Gerhana Bulan Total, Daerah Pesisir Waspadai Air Pasang

  • Bagikan
Gerhana bulan total akan berlangsung pada 26 Mei 2021. Daerah pesisir agar waspadai air pasang | Foto: Martin_Heigan is licensed under CC BY-NC-ND 2.0

“Warga boleh menyaksikan gerhana bulan total itu dari pinggir pantai. Tapi harus waspada dengan adanya air pasang yang tidak seperti biasanya,”

JAKARTA, KAIDAH.ID – Pihak Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan, akan terjadi gerhana bulan merah super total pada Rabu 26 Mei 2021.

Hampir seluruh wilayah di Indonesia dapat menyaksikannya, kecuali Riau, sebagian Aceh, Sumatera Barat dan Sumatera Utara.

Kepala Pusat Seismologi Teknik, Geofisika Potensial dan Tanda Waktu BMKG Rahmat Triyono, mengatakan, daerah-daerah pesisir atau daerah yang dekat dengan pantai, perlu mewaspadai terjadinya air pasang seperti tidak biasanya.

“Warga boleh menyaksikan gerhana bulan total itu dari pinggir pantai. Tapi harus waspada dengan adanya air pasang yang tidak seperti biasanya,” katanya.

Gerhana bulan total atau super blood moon itu akan terjadi sekitar pukul pukul 18.18.43 Waktu Indonesia Barat, 19.18.43 Waktu Indonesia Tengah dan jam 20.18.43 Waktu Indonesia Timur.

Pihak Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (Lapan) menyebutkan, orang di kawasan Indonesia Barat dapat menikmati gerhana bulan total dari arah antara timur dan tenggara. Sedangkan untuk orang di Indonesia Timur, dapat menyaksikan dari timur tenggara hingga arah tenggara.

Gerhana Bulan Total itu terjadi dalam beberapa tahap, mulai dari awal atau penumbra (P1), fase awal sebagian (U1), fase awal total (U2), puncak gerhana, fase akhir total (U3), fase akhir sebagian (U4) hingga fase akhir penumbra (P4). (ochan)

  • Bagikan