Wamen PUPR Resmikan Flyover Palu. Damkar Kerja Keras

  • Bagikan
Petugas Pemadam Kebakaran sedang membersihkan flyover Palu | Foto: Meda/Kaidah

PALU, KAIDAH.ID – Wakil Menteri PUPR, John Wempi Wetipo akan meresmikan flyover di Pantoloan, Tawaeli, Kota Palu, Kamis 27 Mei 2021.

Berdasarkan undangan yang diterima kaidah.id, peresmian flyover itu akan dilaksanakan sekitar pukul 16.30 waktu setempat.

Untuk menyiapkan peresmian, sejak Rabu sore hingga malam, petugas pemadam kebakaran dari Dinas Damkar dan Penyelamatan sedang bekerja membersihkan lokasi tersebut.

“Mereka menyemprot semua bagian flyover. Ternyata banyak lumutnya,” kata Kadis Damkar dan Penyelematan Kota Palu, Sudaryano Lamangkona.

Flyover yang dibangun pada 2019 dan selesai tahun 2020 tersebut, tujuannya untuk mendukung kelancaran arus lalu lintas Jalan Trans Sulawesi yang melintas di depan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kota Palu.

Flyover itu juga sekaligus untuk mengurangi kemungkinan terjadinya kemacetan yang diakibatkan dari Pelabuhan Pantoloan.

Teknologi yang digunakan dalam pembangunan Flyover itu menggunakan mortar busa atau timbunan ringan, berupa campuran antara semen, air dan pasir busa yang digunakan untuk menimbun oprit (kepala jembatan).

Flyover atau jalan layang sepanjang 904 meter tersebut, adalah yang pertama di Sulawesi Tengah. Dibangun oleh Kementerian PUPR melalui Balai Pelaksanaan Jalan Nasional IV Palu Wilayah II, dengan anggaran sebesar Rp85 triliun, yang dikerjakan oleh PT Pacific Nusa Indah. (ochan)

  • Bagikan