Terima Pesan Begini di Messenger Facebook. Waspadalah, itu Penipuan

  • Bagikan
Anda terima pesan begini di messenger facebook, jangan teruskan. Itu penipuan | Foto: kaidah/tangkapan layar

PALU, KAIDAH – Dalam tiga hari belakangan, beredar pesan berantai yang mengatasnamakan Facebook. Di bagian bawah pesan tersebut, tertulis Facebook 20th Anniversary. Dan di bagian atas ada link yang minta diklik.

Sebaiknya Anda jangan mengklik link di pesan tersebut. Sebetulnya Itu adalah modus yang parah. Itu penipuan  yang menjadi Scam dan Phising, untuk mengambil data pengguna. Artinya, kalau Anda mengkliknya, maka data akan diambil oleh pihak pengirim itu dan bisa disalahgunakan.

Berita kaidah.id menemukan sejumlah informasi, Scam adalah segala bentuk tindakan yang telah direncakan sebelumnya oleh pihak tertentu. Tujuannya adalah menipu. Mereka menipu pemilik akun untuk mendapatkan uang. Itu cara yang sangat jahat. Jadi, waspadalah!.

Banyak jenis Scam yang terjadi di dunia maya. Scam itu cara yang sangat mudah melakukan penipuan. Kadang-kadang, pemilik akun media sosial pengguna sosial lengah, akhirnya mengklik link yang dikirim para penipu atau scammer itu.

Scammer ini tidak sendiri. Boleh jadi mereka ini berkelompok dan tersebar di beberapa negara. 

Sedangkan Phising, itu merupakan model kejahatan dunia maya. Mereka menghubung target   melalui email, telepon atau pesan teks oleh orang yang menyamar sebagai lembaga yang sah untuk memikat pemilik akun.

Kebetulan, di berita kaidah.id menerima di pesan teks messenger Facebook.  Itu artinya, para penipu itu menggunakan nama Facebook untuk menipu para pemilik akun. Begitu Anda mengklik link tersebut, otomatis data Anda telah terekam oleh penipu dan disalahkangunakan.    Phising juga bisa membuat Handphone Anda terinfeksi virus atau malware. Jadi, sebaiknya jangan terpancing dan terburu-buru mengisi atau membagikan pesan berantai tersebut.  Waspadalah !.

  • Bagikan