Mengintip Kerja Lurah Birobuli Selatan di Kawasan Lock Mikro Efektif

  • Bagikan
Petugas kesehatan yang melayani tes antigen gratis bagi warga di kawasan Lock Mikro Efektif Kelurahan Birobuli Selatan, Palu Selatan, Kota Palu, Sulteng | Foto: kaidah/ochan

“Ini bukan sekadar tugas dan tanggung jawab saya sebagai aparat pemerintah di tingkat paling bawah, tapi ini juga karena panggilan kemanusiaan,” kata Lurah Birobuli Selatan.

PALU, KAIDAH.ID – Jalan Tangkasi dan Jalan Kijang Selatan 1, 2 dan 3 serta Jalan Mawas, adalah kawasan di Kelurahan Birobuli Selatan, Kecamatan Palu Selatan, Kota Palu, yang ditetapkan sebagai wilayah Lock Mikro Efektif (LME). Semua pintu masuk keluar di kawasan itu ditutup dan dijaga ketat petugas TNI, Polri dan Satpol PP juga Satgas K5 setempat.

Atas kebijakan LME itu, Pemerintah Kota Palu telah membuka dapur umum di Lapangan Tangkasi. Sebuah mobil dapur umum lapangan milik Dinas Sosial terparkir manis. Sebuah tenda ukuran sedang juga terpasang di Lapangan Tangkasi.

Di dapur umum itu, beberapa orang lelaki sibuk mengaduk nasi di dandang ukuran besar. Sejumlah ibu juga terlihat bekerja menyiapkan menu paket makan siang dan malam bagi warga setempat. Di bawah komando Lurah Birobuli Selatan, Irma Astrid, para ibu itu semangat mengurusi paket makanan buat warga.

Petugas kesehatan dari Puskesmas Birobuli Selatan, juga siaga di lokasi tersebut. Mereka bekerja untuk melakukan tes antigen kepada warga setempat, khususnya yang masuk dalam kawasan Lock Mikro Efektif.

“Layani warga saya dulu, biar lebih leluasa beraktivitas di dalam kawasan. Boleh keluar kawasan, tapi tunjukkan hasil tes negatif antigen di pintu keluar. Kalau bepergian usahakan sebelum jam tujuh malam sudah kembali,” kata Lurah Birobuli Selatan penuh semangat.

Sejak penerapan Lock Mikro Efektif, 23 Agustus 2021, Lurah Birobuli Selatan dibantu Satgas K5 itu memang terlihat sibuk. Ia terus bekerja mengajak warganya agar patuh pada protokol kesehatan dan menyerukan mengurangi mobilitas keluar masuk kawasan.

Lurah Irma Astrid tidak hanya memberi komando. Tapi ia juga turun langsung menjadi kurir mengantarkan paket makan siang dan malam bagi warganya yang sedang menjalani isolasi mandiri karena terpapar Virus Corona.

“Ini bukan sekadar tugas dan tanggung jawab saya sebagai aparat pemerintah di tingkat paling bawah, tapi ini juga karena panggilan kemanusiaan,” kata Lurah Birobuli Selatan.

Selain itu, Irma Astrid juga sibuk mengajak warga setempat untuk tes Covid-19 yang memang disiapkan gratis oleh Pemerintah Kota Palu. Tes Covid, kata Lurah Irma Astrid, menjadi sangat penting, agar pemerintah dapat lebih efektif melakukan tracing dan treatment.

“Covid itu bukan aib. Testing itu penting, agar kita bisa tahu kondisi diri kita, apakah aman dari paparan virus corona tidak. Ayo jangan takut ikuti tes antigen,” imbau Lurah Irma Astrid. *

  • Bagikan