Banjir Mulai Surut, Warga Rogo Mulai Kembali ke Rumah

  • Bagikan
BANJIR BANDANG - Banjir bandang yang menerjang Desa Rogo, Kecamatan Dolo Selatan, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Ahad, 29 Agustus 2021 malam | Foto: Alwy/Kaidah

SIGI, KAIDAH – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sigi, Asrul Repadjori, mengatakan, material banjir bandang yang menutupi rumah warga Desa Rogo, Kecamatan Dolo Selatan, Kabupaten Sigi Sulawesi Tengah (Sulteng) kini telah dibersihkan. Sebagian warga yang menungsi juga telah kembali ke rumahnya.

“Warga sudah kembali ke rumahnya dan menempati rumah mereka yang sebelumnya ditutupi material banjir,” kata Asrul Repadjori.

Tetapi sebagian warga yang lain, masih tetap mengungsi di rumah sanak saudaranya  di desa tetangga, karena rumahnya belum dibersihkan dari material banjir bandang.  

BPBD Sigi mencatat, sekira 93 kepala keluarga atau 320 orang jiwa di Desa Rogo yang terdampak banjir bandang. 39 unit rumah terendam banjir dan 34 unit lainnya rusak ringan. Satu orang di Dusun 1 mengalami luka-luka.

Warga yang terdampak banjir saat ini membutuhkan air bersih, air minum, makan siap saji dan perlengkapan bayi.

Hujan dengan intensitas yang cukup tinggi mengguyur Kabupaten Sigi pada Ahad, 29 Agustus 2021 lalu. Akibatnya, tanggul sungai di desa itu tidak mampu menampung debit air yang besar sehingga meluap dan terjadi banjir. Material berupa batu, pasir, lumpur dan kayu menghantam pemukiman dan menutupi rumah warga. *

  • Bagikan