Bertanding di Cabor Apakah Anda? Lihat Empat Wilayah Penyelenggaraan PON XX Papua Ini

  • Bagikan
VENUE UTAMA PON XX - Ini adalah venue utama PON XX Papua. Sebelumnya bernama Stadion Papua BAngkit, kemudian berubah menjadi Stadion Lukas Enembe | Foto: IG bolalobfootball

Bertanding di cabang olahraga apakah Anda? Selamat bertanding atlet-atlet PON XX, semoga kembali dengan membawa medali untuk daerah Anda. *

PAPUA, KAIDAH.ID –  Tidak cukup sebulan lagi, Pekan Olahraga Nasional (PON) XX akan diselenggarakan di Papua. Pemerintah telah menyiapkan empat wilayah di negeri Bumi Cendrawasih itu sebagai tempat penyelenggaraan pesta olahraga nasional tersebut.

Empat wilayah adalah:

  1. Kabupaten Jayapura

Ibu Kota Kabupaten ini adalah Sentani. Nama itu sekaligus menjadi nama bandara terbesar di Papua dan salah satu bandara Internasional di Indonesia dan menjadi pintu gerbang Papua untuk dapat bepergian ke kabupaten lain dan pedalaman Papua.  

Di sini juga ada Danau Sentani yang berada di bawah lereng Pegunungan Cagar Alam Cycloop dengan luas 245.000 hektare, terbentang antara Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura.

Banyak obyek wisata di tempat ini. Ada Air terjun Pegunungan Cycloop, Wisata Kampung Yoboi, Danau Emfote yang lebih dikenal dengan Danau Love, Kali Biru Genyem, Pantai Tablanusu dan pantai Harlem, Bukit Salib Doyo Lama, dan ada Tugu Mc Arthur.

Di sini, di Kampung Harapan,  dibangun stadion termegah dan terindah di Indonesia Timur, dan diberi nama Lukas Enembe, nama Gubernur Papua. Beberapa arena pertaningan PON dibangun di kabupaten ini. Ada Arena Akuatik yang telah mendapat sertifikasi FINA (Federasi Renang Internasional) sehingga memenuhi standar Olimpiade serta Arena Menembak Indoor

Pada PON XX Oktober nanti, panitia mempertandingkan 21 cabang olahraga di kabupaten ini. Yakni, Gantole, Loncat Indah, Renang Artistik, Polo Air, Renang, Selam Kolam, Senam Artistik, Senam Ritmik, Senam Aerobik, Softball, Baseball, Shorinji Kempo, Muaythai, Menembak, Panahan, Pencak Silat, Rugby, Cricket, Hockey Ruangan, Hockey Lapangan dan Sepakbola Putra.

2. Kota Jayapura

Ini adalah ibu Kota Provinsi Papua.  Kota Papua dirikan Kapten Infanteri F.J.P. Sanchse dari Kerajaan Belanda pada 7 Maret 1910 dengan nama Hollandia, setelah itu kota ini sempat disebut Kota Baru dan Sokarnopura pada 1964 sebelum menyandang nama yang sekarang Jayapura.

Di kota ini, ada Jembatan Youtefa yang menjadi ikon Kota Jayapura. Panjangnya 732 meter dan lebar 21 Meter, berdiri di Teluk Youtefa yang menghubungkan Kota Jayapura dengan Distrik Muara Tami. Nah, jembatan inilah yang nanti memudahkan atlet PON XX menuju ke beberapa arena pertandingan.

Ada 22 cabang oahraga yang akan dipertandingkan di Kota Jayapura.  Ada Paralayang, Renang Perairan Terbuka, Selam Laut, Angkat Besi, Angkat Berat, Binaraga, Softball (putra), Baseball (penyisihan), Sepak Takraw, Voli Indoor, Voli Pasir, Bulutangkis, Dayung Canoeing, Dayung Rowing, Dayung TBR, Layar, Sepakbola (Putra), Sepatu Roda, Taekwondo, Karate, Tinju dan tenis lapangan.

  • Bagikan