Gubernur dan Empat Bupati Terima Penghargaan WTP Lima Kali Berturut-turut

  • Bagikan
WTP - Kanwil Ditjen Perbendaharaan Sulteng, Irfa Ampri saat menyerahkan piagam Opini WTP Lima kali berturut-turut kepada Gubernur Sulteng | Foto: Biro Administrasi Pimpinan

PALU, KAIDAH.ID – Gubernur Sulawesi Tengah (sulteng), Rusdy Mastura menerima Piagam  Penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Tahun 2020  dan plakat pencapaian predikat Opini WTP lima kali berturut-turut. Penghargaan yang sama juga diterima oleh Kabupaten Banggai, Tojo Una Una, Buol dan Kota Palu.

Sedangkan Sembilan kabupaten yang juga mendapat Piagam WTP  2020, adalah Kabupaten Sigi, Donggala, Tolitoli, Morowali , Morowali Utara, Poso, Banggai Laut dan Parigi Moutong, yang diserahkan langsung oleh Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Tengah, Irfa Ampri.

Kemudian untuk Kabupaten Banggai Kepulauan, BPK tidak menyatakan pendapat atas laporan keuangan tahun 2020.  

Kanwil Ditjen Perbendaharaan Sulteng, Irfa Ampri mengapresiasi pencapaian pemerintah daerah atas penghargaan tersebut. Koordinasi yang terjalin intensif dengan semua pemangku kepentingan, menjadi salah satu kunci keberhasilan itu.

“Pemerintah daerah harus terus menjalin komunikasi yang baik dengan seluruh stakeholder termasuk, BPK,  BPKP dan Kementerian Keuangan untuk merumuskan strategi mengantisipasi berbagai tantangan dan proses penyusunan dan pemerikasaan LKPD tahun 2021,” kata Irfa Ampri.

PIAGAM WTP – Gubernur Sulteng, Rusdy Mastura saat menyerahkan penghargaan opini WTP kepada Bupati Sigi, Mohammad Irwan yang didampingi Ketua DPRD Sigi, Rizal Intjenae | Foto: Biro Administrasi Pimpinan

Dia mengatakan, pencapaian WTP bagi daerah merupakan sarana yang menggambarkan kondisi penyelenggaraan pemerintahan daerah, yang telah mampu menerapkan transparansi dan good governance, khususnya dalam pengelolaan keuangan daerah.

Pemerintah daerah, kata Irfa, harus terus melakukan berbagai upaya dalam rangka menyujudkan pertanggungjawaban APBN dan APBD tahun anggaran 2021 yang kredibel, transparan dan akuntabel.

“Optimalkan peran Aparat Pengawas Interen Pemerintah (APIP) dalam mengawal anggaran penanganan pandemi Covid-19,” pesan Irfa Ampri. *

  • Bagikan