Kamis, 13 Juni 2024

Sulteng dan Gorontalo Mau Jadi Tuan Rumah PON 2028, Ikuti Saran Marciano Norman Ini

KONI - Pelantikan Pengurus KONI Provinsi Sulteng, Selasa, 9 November 2021 malam | Foto : Humas KONI Sulteng

PALU, KAIDAH.ID – Provinsi Sulawesi Tengah dan Gorontalo bertekad menjadi tuan rumah bersama pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2028 mendatang. Tekad yang kuat itu setelah membandingkan kesuksesan PON Papua 2021 kemarin.

Bahkan, kedua provinsi itu telah menyatakan keinginan tersebut di hadapan Ketua Umum KONI Pusat, Marciano Norman, saat hadir di Palu untuk melantik Pengurus KONI Provinsi Sulteng, Selas, 9 November 2021 malam di salah satu hotel di Palu.

Ketua Umum KONI Pusat, Marciano Norman, menyampaikan banyak yang meragukan PON  di Papua dapat dilaksanakan dengan sukses. Namun ternyata, pelaksanaan PON di Papua itu dapat berlangsung dengan aman hingga selesai, bahkan menjadi arena pemersatu bangsa. 

“Alhamdulillah, Pekan Olah Raga Nasional kemarin adalah pemersatu bangsa,” katanya saat berpidato pada Pelantikan Pengurus KONI Provinsi Sulteng, Selasa malam.

Lantaran itu, Marciano Norman menegaskan, jika Sulteng dan Gorontalo berkeinginan menjadi tuan rumah bersama PON 2028 mendatang,  yang harus dilakukan adalah  tunjukkan prestasi olah raga pada PON XXI Sumut – Aceh nanti.

“Saya yakin Sulteng dan Gorontalo layak jadi tuan rumah PON XXI 2028 mendatang. Saya tidak ingin melihat Sulteng hanya dari kekayaan sumber daya alam saja, tapi juga prestasi di bidang olah raga. Tunjukan itu agar bisa menjadi tuan rumah PON 2028,” pesan Ketua Umum KONI Pusat, Marciano Norman.

Marciano Norman juga meminta kepada Pemerintah Provinsi Sulteng  dan Gorontalo, agar dapat memberikan perhatian serius terhadap para atlet di daerah.

“Saya  titipkan kepada Ketua KONI dan Pak Wagub untuk memberikan perhatian kepada peraih medali emas Taekwondo kemarin,” pinta Marciano Norman.

Pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) yang dipiloti M. Nizar Daeng Rahmatu, resmi dilantik oleh Ketua Umum Pusat, Marciano Norman pada Selasa, 9 November 2021 malam di salah satu hotel di Palu.  

Berdasarkan Surat Keputusan  Ketua Umum KONI Pusat, Nomor 116 Tahun 2021, tertanggl 5 November 2021 itu, M. Nizar Daeng Rahmatu sebagai Ketua Umum KONI Sulteng, didampingi Husin Alwi selaku Sekretaris Umum dan Andi B. Nur Lamakarate sebagai Bendahara Umum.

Kepengurusan KONI Sulteng juga dilengkapi dengan Ketua Harian yang dijabat oleh Edison Ardiles, sejumlah bidang, kepala sekretariat, dan kordinator wilayah (Korwil) 13 kabupaten dan kota di Sulteng. *