Rabu, 24 Juli 2024

Celaka! Youtuber Negeri +62 Panggil Jin di Kuburan Vanessa Angel demi Cari Cuan

PANGGIL JIN - Aksi kreator konten Youtube memanggil jin qarin | Foto: tangkapan layar

JAKARTA, KAIDAH.ID – Ada-ada saja kerjaan para Youtuber di negeri +62, demi mencari cuan, mereka harus membuat konten pemanggilan jin qarin (jin pendamping) di makam Vanessa Angel. Kegilaan itu mendapat kritik warganet, karena dinilai tidak menghormati pihak keluarga dan kerabat mendiang Vanessa Angel, merusak orang lain, merusak diri sendiri dan melanggar syariat agama.

Dikutip dari republika.co.id Ustadz Rizky Tamami, Pimpinan Pondok Pesantren Darul Mukhlisin, Cikarang, Jawa Barat mengatakan, tindakan para youtuber itu bertujuan mencari cuan dengan cara yang melanggar etika.

“Mereka itu mencari cuan dan ketenaran, tapi ini berbahaya buat mereka yang tidak mengerti tentang ilmu agama,” katanya.

Tindakan seperti itu, kata Ustadz Rizky Tamami, tidak boleh dilakukan oleh siapapun juga karena akan menggerus akidah seseorang. 

 “Dalam agama, kalau ada orang yang meninggal, kita dilarang menyebut keburukannya. Kita hanya boleh menyebut kebaikannya saja. Itu diterangkan dalam hadis yang diriwayatkan Imam Tirmidzi,” tegasnya.

Para kreator konten itu, bahkan lebih buruk lagi, karena sampai membuat konten di makam. Dari sisi akhlak agama, itu sudah sangat salah,” jelasnya.

Dia mengingatkan agar para kreator konten di Tanah Air dapat membuat konten yang lebih bermanfaat untuk orang lain, tidak mendahulukan sensasi untuk meraup keuntungan semata.

“Carilah sesuaru di jalan yang benar. Jangan dengan cara  jadi mudharat bagi orang lainnya,” tandas Ustadz Rizky Tamami. *