Kamis, 29 Februari 2024

UIN Palu Terapkan KKN Mahasiswa dari Rumah Berbasis Media Sosial

Ketua KKN UIN Datokarama Palu, Ismail Pangeran | Foto: Humas UIN Datokarama Palu

PALU, KAIDAH.ID – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Angkatan IX, Gelombang Pertama Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Sulawesi Tengah, diharapkan dapat berkontribusi dalam pencegahan penularan Covid-19 di Sulteng.

“Salah satu indikator kinerja dalam pelaksanaan KKN tahun 2021 ini adalah bagaimana mahasiswa KKN membantu pemerintah mencegah penularan Covid-19,” kata Ketua KKN Angkatan IX Gelombang Pertama UIN Datokarama Palu, Ismail Pangeran, di Palu, Rabu, 24 November 2021.

KKN Angkatan IX Gelombang Pertama tahun 2021 UIN Datokarama Palu, diikuti sebanyak 1.131 mahasiswa dari empat fakultas selama sebulan penuh, sejak 26 November – 26 Desember 2021.

KKN angkatan tersebut, merupakan KKN ke dua yang diturunkan oleh UIN Palu pada tahun 2021, setelah sebelumnya juga menurunkan 259 peserta KKN pada April lalu.

Menurut Ismail Pangeran, karena bertepatan dengan pandemi Covid-19, Lembaga Penelitian Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) menerapkan konsep pelaksanaan KKN dari rumah.

Ada tiga muatan dalam pelaksanaan KKN dari rumah di masa pandemi Covid-19 ini yakni, KKN dari rumah berbasis media sosial, KKN dari rumah berbasis pengabdian masyarakat dan KKN dari rumah berbasis produktivitas keilmuan.

“KKN Dari Rumah (KKN DR) yaitu mahasiswa dituntut dapat membuat program pengabdian terhadap masyarakat, yang berkaitan dengan memberikan edukasi dan perlindungan terhadap masyarakat dari bahaya Covid-19,” ujar Ismail.