Minggu, 14 Juli 2024

Bangun DMIMart, DMI Sulteng Akan Manfaatkan Halaman Masjid

DMI SULTENG - Ketua Umum DMI Sulteng, Ahmad Ali (tengah) bersama Ketua Umum PB Alkhairaat, HS Ali bin Muhammad Aljufri saat pelepasan Tim Safari Ramadhan, Senin 4 April 2022 | Foto: Humas DMI

PALU, KAIDAH.ID – Ketua Umum Pengurus Wilayah (PW) Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Sulawesi Tengah, Ahmad Ali mengatakan, pihaknya akan memanfaatkan halaman masjid untuk mendirikan DMIMart. Itu merupakan salah satu program pemberdayaan masjid di daerah ini.

“Tentunya tidak semua masjid akan didirikan DMIMart, hanya masjid-masjid tertentu. Mungkin di setiap kecamatan,” kata Ahmad Ali dalam bincang-bincang dengan sejumlah kalanga, Rabu, 7 April 2022 malam.

Pengelolaan DMIMart tersebut, kata Ahmad Ali, akan bekerja sama dengan pengurus masjid. Nantinya ada beberapa orang yang dilatih untuk mengurus manajemen DMIMart tersebut. Kemudian hasilnya akan berbagi dengan pengurus masjid yang halaman masjidnya digunakan.

Jika nanti, kata dia, DMIMart itu sudah jalan, maka akan menjadi percontohan bagi DMI di Indonesia.

“Tapi yang lebih penting adalah manajemen terbuka sehingga bagi hasilnya juga berjalan dengan baik. Doakan semoga program ini berjalan dengan baik,” pinta mantan Bendahara Umum HMI Cabang Palu itu.

Selain itu, kata Ahmad Ali, DMI Sulteng juga segera melatih bacaan Al Quran para imam masjid di seluruh Sulawesi Tengah.

“Pelatihan bagi para imam itu sangat penting, minimal bacaan Surat Al Fatihah para imam sesuai dengan tajwid. Sebab syarat sahnya shalat berjamaah itu dari bacaan Al Fatihah dari  imam,” ujarnya.

Saat ini, DMI Sulteng sedang melaksanakan program buka puasa bersama, membagikan bingkisan kepada para imam dan pengurus syara serta donor darah yang bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia Sulawesi Tengah.

“Silakan, siapa saja boleh datang berbuka puasa bersama dengan kami di DMI. Terbuka bagi seluruh umat Islam yang mau datang. Kami siapkan menu buka puasa dan gratis setiap hari,” tandas Ketua Dewan Penasehat Majelis Wilayah KAHMI Sulteng itu. (*)