Sabtu, 20 Juli 2024

PT IMIP Bangun Rumah Sakit Bahodopi di Morowali

RUMAH SAKIT BAHODOPI - Ground breaking Rumah Sakit Bahodopi. Rumah sakit tersebut dibangun oleh PT IMIPm menurut rencana setahun kemudian rumah sakit tersebut telah beroperasi | Foto: Dedy Kurniawan

MOROWALI, KAIDAH.ID – PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) membangun rumah sakit Bahodopi di Desa Padabaho, Kecamatan Bahodopi, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah. Peletakan batu pertama telah dilakukan oleh Bupati Taslim, pada Jumat, 13 Mei 2022.

Rumah sakit yang dibangun di atas lahan seluas sekira 1.337,76 meter persegi itu, diperuntukkan demi mewujudkan pemerataan kesehatan di tanah air, khususnya di Morowali terlebih lagi di Bahodopi.

“Selain itu, juga sebagai upaya memenuhi kebutuhan layanan kesehatan masyarakat di Morowali, khususnya di Kecamatan Bahodopi,” kata Direktur Operasional PT IMIP, Irsan Widjaja.

Meski diinisiasi oleh PT IMIP, tetapi pengelolaan rumah sakit tersebut akan dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Morowali.

“Ini merupakan salah satu dari beberapa realisasi komitmen manajemen PT IMIP melalui program CSR perusahaan, dalam meningkatkan kehidupan yang lebih baik dan berkualitas bagi warga sekitar,” jelas Irsan Widjaja.

Dia berharap, dukungan PT IMIP dalam rangka mewujudkan rumah sakit tersebut, dapat menjadi sumbangsih nyata bagi masyarakat Morowali.

“Kami harapkan, kiranya Pemkab Morowali berkenan merawat dan mendayagunakan rumah sakit ini semaksimal mungkin untuk kita semua,” katanya.

Dia bilang, di lokasi yang sama, juga akan dibangun beberapa fasilitas pendidikan terpadu, mulai dari PAUD sampai gedung baru kampus Politeknik industri Morowali, yang tentu saja diperuntukkan untuk masyarakat Kabupaten Morowali secara menyeluruh.

“Kita pastikan, proses pembangunan akan selesai dalam waktu satu tahun dan paling cepat 10 bulan sejak groundbreaking ini. Perlu diketahui juga, rumah sakit ini akan dilengkapi fasilitas IGD, Poliklinik, ruang tindakan, ruang rawat inap, radiologi, dan kantor administrasi,” urai Irsan Widjaja.

Bupati Morowali, Taslim mengatakan, rumah sakit yang selanjutnya diberi nama RS Bahodopi Morowali ini, merupakan rumah sakit ke tiga di Kabupaten Morowali. Rumah sakit ini, menjadi bukti nyata komitmen PT IMIP dalam rangka mendukung pembangunan kesehatan masyarakat yang lebih baik.

“Pemerintah, tidak mampu menyiapkan fasilitas pendidikan dan kesehatan yang memadai untuk masyarakat. Sehingga hari ini PT IMIP menunjukkan komitmennya di antaranya membangun rumah sakit dan sementara dibangun juga beberapa pusat pendidikan di lokasi yang sama. Itu semuanya bukan hanya untuk karyawan di perusahaan, tapi yang akan memanfaatkannya adalah masyarakat Morowali semua dan Bahodopi secara menyeluruh,” jelas Taslim.

Hari ini, kata Bupati, PT IMIP telah kembali membuktikan menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari Morowali dalam hal pembangunan.

Di ground breaking itu, turut hadir manajemen Tsingshan Grup, Mr Wu Huadi, Anggota DPRD Morowali, Hasnain, Kepala Dinas Kesehatan Morowali, Ashar Ma’Ruf.

Sejumlah pejabat lain yang juga hadir adalah Kapolres Morowali, AKBP Ardi Rahananto, perwakilan Kodim 1311/Morowali, perwakilan Kepala Kejari Morowali, Camat Bahodopi, Tahir, beberapa kepala desa di Kecamatan Bahodopi, beserta beberapa pimpinan departemen kerja di PT IMIP. (*)