Senin, 20 Mei 2024

RS SIS Aldjufrie Lulus dengan Predikat Paripurna dari KARS

Anggota tim surveyor KARAS, dr. Cinderella A.N. Rieuwpassa,Sp.OG (K).,M.H.,FISQua saat memberikan arahan pada saat telusur langsung penilaian di RS SIS Aldjufrie | Foto: Alkhairaat

PALU, KAIDAH.ID – Rumah Sakit Umum (RS) SIS Aldjufrie, Palu berhasil meraih predikat kelulusan paripurna (Bintang 5), dari hasil Akreditasi lembaga independen KARS (Komisi Akreditasi Rumah Sakit).

Pihak RSU SIS Aldjufrie menerima informasi kelulusan tersebut, melalui surat elektronik pada Jumat, 17 Maret 2023 lalu.

Surveyor KARS melakukan penilaian akreditasi selama tiga hari, sejak 8 Maret 2023. Tim tersebut menggunakan standar kementerian kesehatan, dengan metode daring dan telusur langsung lapangan, pada 9 dan 10 Maret 2023.

Ketua Tim Surveyor dr. Mukmin, M.Kes dan dr. Cinderella Rieuwpassa, Sp.OG, M.H.FISQua, melakukan telaah kelengkapan dokumen 16 kelompok kerja, dan  telusur implementasi.

Selanjutnya, melakukan simulasi Code Blue, untuk melihat respon staf di lingkungan RS, jika mendapatkan situasi kegawatdaruratan pada pasien/pengunjung di area RS.

Tidak hanya itu, surveyor juga melakukan penilaian tentang respon staf di lingkungan RS, jika terdapat kondisi bencana gempa bumi.

Termasuk juga menilai kecakapan beberapa individu menggunakan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) pada simulasi Code Red.

Dalam penyampaiannya pada exit conference, KARS mengapresiasi komitmen pemilik RS, Direktur RS, dan seluruh civitas hospitalia yang sangat tinggi.

Apresisasi itu, khususnya dalam upaya  meningkatkan mutu pelayanan dan keselamatan pasien.

Selain itu, tim juga menilai, RS SIS Aldjufrie mampu memberikan pelayanan yang ramah, dan menyenangkan.

Direktur RS SIS Aldjufrie dr. Magfirah Al Amri, MARS, mengatakan, sejak awal pihaknya telah bermitra dengan KARS.

“KARS memberikan kontribusi yang besar dalam pengembangan RS SIS Aldjufrie, terutama dalam upaya memaksimalkan mutu dan keselamatan pasien,” jelasnya.

dr. Magfirah Al Amri mengungkapkan rasa bangga dan terima kasih kepada seluruh staf, keluarga besar RS SIS Aldjufrie.

“Pencapaian tingkat paripurna ini sangat berharga dan membahagiakan kami,” ujarnya.

Walau begitu, kata dia, hasil tersebut bukan titik akhir, tetapi menjadi awal bagi rumah sakit itu untuk melakukan reformasi secara internal.

“Hasil ini juga akan memacu kami, untuk terus memberikan pelayanan terbaik terhadap pasien,” tambahnya.

Dengan hasil paripurna ini, ia berharap semakin meningkatkan kepercayaan masyarakat, untuk menjadikan rumah sakit itu sebagai pilihan di Kota Palu.

RS SIS Aldjufrie yang berlokasi di Jalan SIS Aljufri nomor 72 Kota Palu, Sulawesi Tengah, merupakan rumah sakit milik Yayasan Alkhairaat Saiyid Idrus bin Salim Aldjufri, yang beroperasi sejak Desember 2004.  (*)