Selasa, 23 April 2024

Jelang MotoGP di Sirkuit Mandalika, 95 Persen Kamar Hotel Sudah Dipesan

SIRKUIT MANDALIKA - Foto bersama di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Charles P. Siregar (angkat tangan), Elisa Soegito (perempuan), Tommy (kaos hitam) dan Ochan | Foto: dokumen pribadi

LOMBOK, KAIDAH.ID – Ajang balapan MotoGP Indonesia 2023 di Sirkuit Mandalika, akan digelar pada 13-15 Oktober 2023 di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Jelang balap motor internasional itu, sejumlah hotel di kawasan itu sudah mulai dipesan. Menurut Sekretaris Mandalika Hotel Association (MHA) Rata Wijaya, tingkat okupansi hotel telah mencapai 95 persen.

“Tingkat ketirisian kamar hotel dan homestay akan terus meningkat hingga menjelang hari H. Sekarang saja sudah 95 persen,” kata kepada jurnalis, Jumat, 22 September 2023.

Bahkan, katanya, tarif hotel dan homestay juga hingga dua kali lipat menjelang MotoGP.

“Ada hotel yang harga normal Rp750 ribu, sekarang naik hingga Rp1,5 juta per malam,” ujarnya.

Dia bilang, layanan hotel dan homestay pada MotoGP 2023 ini, tidak menyediakan layanan camping ground maupun glamping seperti tahun lalu.

“Yah, mungkin karena jumlah penonton MotoGP 2023 agak menurun dibanding tahun lalu, yang sebulan sebelum event, kamar hotel sudah full booking,” ujarnya.

Meski begitu, pihak maskapai penerbangan seperti Garuda dan Citilink, telah mengajukan penambahan penerbangan menjelang MotoGP 2023.

Ajang balap motor di Sirkuit Mandalika itu kali ini, juga akan berbeda dengan tahun sebelumnya, khususnya para penonton umum. Jika tahun sebelumnya, sejumlah bukit di sekitar sirkuit dijejali penonton.

“Tapi kali ini, tidak ada lagi penonton di bukit-bukit itu. Aparat keamanan akan berjaga di sekitar bukit untuk menghalau penonton,” jelasnya. (*)