Rabu, 24 April 2024

Kelompok Hizbullah Lebanon Juga Serang Israel

Kelompok Pejuang Hamas saat berhasil menguasai kendaraan perang milik Zionis Israel | Foto: tangkapan layar

PALESTINA, KAIDAH.ID – Penyerangan terhadap Zionis Israel juga dilancarkan oleh kelompok Hizbullah Lebanon pada Ahad, 8 Oktober 2023.

Pos militer Israel di wilayah perkebunan Sheeba, menjadi sasaran serangan kelompok tersebut, namun tidak ada korban jiwa dalam serangan tersebut.

Mengutip Al Arabiyah, serangan Hizbullah tersebut terjadi, ketika Israel sedang terlibat konfrontasi dengan kelompok Hamas di Jalur Gaza.

Pihak Hizbullah menyatakan, akan menembakan misil ke wilayah Israel dan menjadikan situs radar Zibdin dan Ruwaisat Al Alam sebagai target.

Pihak tentara Israel mengonfirmasi serangan tersebut. Pihak Pasukan Pertahanan Israel (IDF) menyebutkan, pihak kelompok Hizbullah telah menembakan mortir dari Lebanon menuju Israel Utara dan menghantam situs militer Israel di Perkebunan Shebaa.

Sementara itu, pasukan Hamas telah melancarkan operasi militer baru terhadap Israel. Operasi tersebut bernama Badai Al Aqsha.

Pihak Hamas dalam pernyataan resminya menyebyutkan, telah menembakan 5 ribu roket ke wilayah Israel pada Sabtu, 7 Oktober 2023 pagi.

Banyak tentara Israel bahkan seorang jenderal pimpinan tentara Israel ditangkap. Namun pihak Hamas tetap melindungan perempuan dan anak-anak Israel.

Sejumlah media internasional melaporkan, ratusan anggota pasukan Hamas berhasil memasuki wilayah Israel, mereka melakukan serangan ke beberapa kota di dekat perbatasan Gaza.

Pihak Israel menyebutkan itu sebagai serangan kejutan Hamas. Dari serangan tersebut, tercatat sedikitnya 300 jiwa korban tewas dan 1.500 orang luka-luka dan puluhan orang menjadi sandera Hamas. (*)