Senin, 22 April 2024

Tank Merkava Israel Diledakkan Hamas

Tank Merkava milik Israel. Tank ini diklaim paling canggih | Foto: ist

GAZA, KAIDAH.ID – Pasukan Hamas di Gaza, Palestina menyergap Tank Merkava milik Pasukan Israel Defence Forces (IDF), saat tank yang dinilai sangat canggih itu, meluncur ke Jalur Gaza pada 2 November 2023 lalu untuk melakukan serangan darat.

Dalam sebuah video yang dirilis pihak Hamas, memperlihatkan saat Tank Merkava mendekat, pejuang Hamas itu memasang bahan peledak IED di lambung tank, yang berdekatan dengan bagian belakang menara tank.

Setelah menaruh peledak, anggota Pasukan Hamas itu kemudian berlari kembali ke pintu masuk terowongan, dan menembakkan senjata yang oleh Hamas menyebutnya sebagai Al-Yassin-105. Setelah menembak, seorang anggota pasukan Hamas itu masuk kembali ke terowongan dan menghilang.

Duaaaarrrr… Ada nyala api terang di tangki tank, setelah RPG ditembakkan. Tidak diketahui apakah rudal atau bahan peledak IED yang ditempatkan di tangka tank sehingga  menyebabkan ledakan tersebut. Tank Israel hancur dan tersisa puing-puing.


Begitulah strategi Hamas menghancurkan tank Israel. Dengan gagah berani berlari mendekat ke tank dan meledakannya.

Saat selesai menyergap dan berhasil meledakkan Tank Israel, seorang pejuang Hamas muncul lagi dari dalam terowongan, kemudian mengambil benda logam, yang mungkin merupakan bagian dari tank.  

Setelah itu, Hamas menyampaikan kepada dunia melalui postingan di Telegram bahwa Tank Merkava tersebut telah dihancurkan.  (*)

Penulis: Ruslan Sangadji