oleh

Bangun Masjid Alkhairaat, Orang Ini Harus Menabung Selama 19 Tahun

Penulis :Editor :-Headline, Nusantara-256 views

TERNATE, KAIDAH.ID – Masjid Pondok Pesantren Alkhairaat di Kelurahan Kalumpang, Kota Ternate, telah dimanfaatkan untuk shalat dan berbagai kegiatan keislaman lainnya di Ramadhan ini.  Sempat rehat sejak 2019 lalu, karena renovasi total, kini masjid  tersebut telah berfungsi sebagaimana mestinya. 

“Alhamdulillah, masjid dengan konstruksi dua lantai ini, dapat menampung hingga 460 jamaah laki-laki dan perempuan,” kata Ketua Panitia Pembangunan Masjid Alkhairaat Kalumpang, Fauzi Assagaf.

Menurut dia, banyak kisah menarik dari proses pembangunan masjid ini. Sejak renovasi bangunan masjid yang dibangun sejak berdirinya  Ponpes Alkhairaat itu, dibiayai  seorang  pengusaha  bernama Ikbal bin Zen Assagaf, dia adalah pemilik Selecta Mini Market di Jalan Nukila, Kelurahan Gamalama, Ternate Tengah.

“Beliau yang  menyiapkan dananya  dengan  menabung  hampir 19 tahun lamanya,” kata Fauzi.

Alwi Sagaf, salah  satu pengurus masjid menceritakan, masjid ini dibangun atas nama  keluarga Zen bin Ahmad Assagaf. Nama mereka juga tertulis di masjid tersebut.

Prosesnya panjang. Setelah ada niat membangun masjid ini, dia perlahan mulai menabung. Kesungguhannya terwujud 2019 lalu ketika renovasi total  mulai dikerjakan.

“Ceritanya panjang.  Untuk merealisasikan niatnya, beliau harus menabung begitu lama,” ujar  Alwi.

Memang ada uluran tangan atau bantuan beberapa  orang. Namun demikian, pendanaan terbesar berasal dari  keluarga ini.  Soal berapa nilai yang digunakan  tidak mau disampaikan.

“Itu menjadi amal jariyah beliau. Soal  besar anggaranya,  kita tak  tahu,” imbuhnya.

Setelah renovasi dua tahun lamanya, Masjid Alkhairaat di Kalumpang, Ternate akhirnya kembai digunakan | Foto: Michi/Kaidah.id

Kini, setelah selesai proses pembangunan, pada 13 April 2021 bertepatan dengan malam satu Ramadhan,  masjid  tersebut  mulai beroperasi  kembali.  Jumat 23 April 2021 pekan lalu merupakan shalat  Jumat    pertama. 

Masjid   ini memiliki peran strategis, selain berada dalam Ponpes Alkhairaat yang dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan para siswa dan santri, juga  tempat  ibadah  warga di Kelurahan  Kalumpang Ternate Tengah dan sekitarnya. (Michi)

Banner Ied Banner Ied

Komentar

Update