oleh

Presiden Jokowi Tak Sanggup Sebut Nama Kader HMI di Kabinetnya

Penulis :Editor :-Headline, Nasional-154 views

JAKARTA, KAIDAH.ID – Sejumlah kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) saat ini, banyak menduduki jabatan menteri di Kabinet Indonesia Maju yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Mungkin masih ada yang belum saya sebut, karena terlalu banyak. Ya.. terlalu banyak,” canda Presiden Jokowi.

Kepercayaan kepada kader HMI itu, dibeberkan sendiri oleh Presiden Jokowi saat membuka Kongres XXXI HMI, Rabu 17 Maret 2021 dari Istana Negara secara daring. Kongres HMI sendiri, dihelat di Surabaya, Jawa Timur hingga 22 Maret 2021 nanti.

Lantas siapa saja kader HMI di Kabinet Indonesia Maju itu? Presiden Jokowi menyebutkan, mereka adalah Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD; Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhajir Effendy; Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali; Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Suharso Monoarfa; Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo; dan juga Kepala BKPM Bahlil Lahadalia.

“Mungkin masih ada yang belum saya sebut, karena terlalu banyak. Ya.. terlalu banyak,” canda Presiden Jokowi.

“Memang  HMI memiliki kader-kader yang kini menjadi tokoh umat dan pemimpin di berbagai bidang dalam pemerintahan maupun sosial,” tambah Presiden Jokowi.

Potensi besar itu yang dimiliki itu, kata Presiden, HMI harus mampu mewujudkan cita-cita besar para pendiri negara untuk menyelaraskan keIslaman dan keindonesiaan dengan semangat pembaruan

“HMI harus terus bertumbuh bersama zaman dan mampu beradaptasi dengan segala pembaruan,” pesan Presiden Jokowi.

HMI memang harus adaptif dengan kebaruan, tanggap menghadapi realitas-realitas baru dan menyesuaikan diri dengan derasnya arus disrupsi dan perubahan.

“HMI juga harus siap menjadi pelopor kemajuan bangsa yang akan mengantarkan bangsa kita  menjadi bangsa yang makin disegani, semakin maju dan semakin sejahtera,” harap Presiden Jokowi. (ochan)

Komentar

Update