Kepala Daerah di Sulteng Dilantik Jumat, Tapi Tiga Pasang Tidak Dilantik

  • Bagikan
Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola | Foto: ochan/kaidah.id

PALU – Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola segera melantik para kepala daerah (bupati dan wali kota) yang terpilih pada Pilkada Desember 2020 lalu. Para kepala yang akan dilantik itu adalah Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu, Hadiyanto Rasyid – Renny A Lamadjido, Bupati dan Wakil Bupati Sigi, Moh. Irwan Lapata dan Samuel Yansen Pongi, Bupati dan Wakil Bupati Banggai Laut, Sofyan Kaepa – Ablit H Ilyas, Bupati dan Wakil Bupati Poso, Verna Inkiriwang dan Yasin Mangun, serta Bupati dan Wakil Bupati Tolitoli, Amran H. Yahya – Moh. Besar Bantilan

 “Ya, permohonan SK kepada Mendagri telah diajukan. Insya Allah saya akan melantik para kepala daerah itu pada Jumat, 26 Februari 2021,” kata Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola kepada kaidah.id, Ahad, 21 Februari 2021 siang.

Sedangkan Bupati Banggai, Tojo Una-Una dan Morowali Utara masih dipending, sambil menunggu selesainya gugatan di Mahkamah Konstitusi.

Menurut Gubernur, pelantikan para kepala daerah itu akan dilakukan secara virtual, yang secara teknis diserahkan kepada masing-masing kabupaten dan kota. Sedangkan Gubernur akan berada di ruangan kerjanya untuk melantik para kepala daerah tersebut.

Ketua DPRD Kota Palu, Ikhsan Kalbi mengatakan, saat ini pihaknya sedang berada di Jakarta untuk mengurus SK Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu terpilih di Kementerian Dalam Negeri.

“Insya Allah SK Mendagri segera terbit dan pelantikan dilaksanakan sesuai jadwal yang sudah disampaikan Gubernur,” kata Ikhsan Kalbi.

Tidak hanya Ketua DPRD Kota Palu, sejumlah kepala daerah terpilih yang dihubungi terkait persiapan pelantikan itu, menyatakan saat ini sedang berada di Jakarta untuk mengurus SK Mendagri.

Juru Bicara Gubernur Sulawesi Tengah, Moh. Haris Kariming membenarkan rencana pelantikan pada Jumat, 26 Februari 2021.

“Masih sesuai jadwal awal sembari kita menunggu SK Mendagri. Tetapi Gubernur Longki Djanggola sudah siap melantik,” katanya. *

  • Bagikan