Minggu, 14 Juli 2024

Mahfud MD: Sikap KAHMI Sudah Benar, Tidak Mengarah ke Sikap Politik Tertentu

JALAN SEHAT NASIONAL - Menko Polhukam Mahfud MD saat Jalan Sehat dalam rangka merayakan Milad ke 57 KAHMI, Ahad, 17 September 2023 | Foto MN KAHMI

JAKARTA, KAIDAH.ID – Menko Polhukam Mahfud MD, membuka acara Jalan Sehat Nasional Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) di Kantor Kemenpora RI, Ahad, 17 September 2023.

Jalan Sehat Nasional KAHMI itu, dalam rangka merayakan Milad ke 57 KAHMI.

Saat memberikan sambutannya, Mahfud MD yang juga Ketua Dewan Pakar KAHMI itu menyinggung soal sikap KAHMI sudah benar, tak mengarah ke sikap politik tertentu.

“Mari kita buat KAHMI ini sehat, kalau KAHMI sehat maka Indonesia akan sehat, Insya Allah,” kata Mahfud MD.

Itu menjadi penting, katanya, karena KAHMI atau HMI ini adalah anak kandung Republik Indonesia, yang akan terus membela Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Menurutnya, sebenarnya KAHMI tidak tabu membicarakan persoalan politik. Namun, ia meyakini bahwa posisi KAHMI saat ini sudah benar, tak memiliki sikap politik tertentu.

“Kita sama saja, Indonesia itu organisasi politik tertinggi, jadi kalau sebuah negara itu kan sebenarnya sebuah organisasi politik yang mengatur kekuasaan. Oleh sebab itu, di bawahnya ada sub-sub organisasi ada Partai Golkar, ada PKB, ada semuanya itu,” kata Mahfud.

Tetapi semua itu, kata Mahfud MD, harus menjadi vitamin yang menyehatkan bagi Indonesia ini.

“Sudah benar KAHMI, sudah benar HMI, tidak mempunyai sikap politik tertentu secara elektoral,” katanya.

Secara elektoral, kata dia, KAHMI bisa berbeda dalam menentukan arah politik. Namun, Mahfud MD meminta untuk mengedepankan sikap kebangsaan untuk merawat konstitusi.

“Semua perbedaan itu diolah agar menjadi vitamin bagi kelangsungan bangsa dan negara,” ujarnya.

Mahfud MD mengingatkan, keluarga besar KAHMI harus sama dalam sikap itu, bahwa KAHMI dan HMI pro NKRI.

“Ini yang akan kita jaga dan akan kita rawat dengan semua ideologi dan konstitusi, sesuai dengan peran kita di posisinya masing-masing,” tandasnya. (*)