Selasa, 23 April 2024

Dalam Sehari, Israel Bom Dua Sekolah di Gaza

Osamba bin Zaid Boys School sebelum dibom Israel | Foto: Instagram

GAZA, KAIDAH.ID – Dua sekolah di Gaza menjadi sasaran serangan udara Zionis Israel pada Sabtu, 4 November 2023 pagi. Akibat serangan itu, 32 orang dilaporkan menjadi syahid.

Serangan pertama terjadi di Osama bin Zaid Boys School. Di sekolah ini menampung keluarga pengungsi di daerah al-Saftawi di utara Kota Gaza.

Mengutip Aljazirah, Kementerian Kesehatan Palestina melaporkan, tercatat 20 orang meninggal dunuia dalam serangan udara di sekolah tersebut.

Beberapa jam kemudian, serangan udara kembali terjadi di sekolah al-Fakhoora. Ini merupakan sekolah terbesar di utara Gaza, terletak di dalam kamp pengungsi Jabalia.

Kamp pengungsi Jabalia telah diserang oleh Israel sebanyak tiga kali dalam beberapa hari terakhir. Namun serangan udara kali ini bukan satu-satunya pengeboman besar yang terjadi pada Sabtu, 4 November 2023.

Kementerian Kesehatan di Gaza menyebutkan, sedikitnya 12 orang meninggal dunia dalam pengeboman Israel di al-Fakhoora pada Sabtu pagi itu.

Saat pengemboman terjadi, bangunan tempat belajar ini digunakan sebagai tempat penampungan bagi ribuan pengungsi yang menghindari serangan udara sebelumnya, dari berbagai wilayah di utara Gaza. (*)

Penulis: Ruslan Sangadji