oleh

Mahasiswa UMM dan Karang Taruna Dirikan Bank Sampah

Penulis :Editor :-Lingkungan, Nusantara-90 views

MALANG – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengadakan bank sampah di Dusun Sumbersari, Desa Jambangan, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Pengadaan bank sampah itu dilakukan melalui Program Pengabdian Masyarakat (PMM) Kelompok 75 UMM yang bekerjasama dengan karang taruna setempat.

“Kami sepakat memberi nama Sumbersari Waste Bank (SWB) agar permasalahan sampah di dusun tersebut dapat tertangani. Karena selama ini, sampah hanya dibuang di belakang rumah, lalu dibakar” kata Yasin, ketua Karang Taruna setempat.

Kelompok PMM UMM dan Karang Taruna setempat berusaha agar masyarakat memiliki kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan kelestarian alam.

Selain itu diharapkan dengan adanya Bank Sampah dapat meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar.

“Karena sampah plastik yang awalnya tak bernilai, dengan kehadiran bank sampah ini bernilai ekonomi yang tinggi,” kata Galang Putra, ketua PMM UMM kelompok 75.

Pengadaan Bank Sampah merupakan langkah awal untuk menjaga kebersihan sekaligus kelestarian alam sekitar. Pendirian Bank Sampah juga selaras dengan keinginan pemerintah Kabupaten  Malang, yakni “Satu Desa, Satu Bank Sampah”.  *

Komentar

Update