Tentang Kaidah.id

Kaidah.id sebuah media yang lahir, karena terinspirasi bahwa good news is the good news, bad news is the bad news (berita baik adalah baik dan berita buruk adalah buruk), yang terlahir di tengah pandemi Covid-19, pada 11 Juni 2020.

Bernama kaidah, karena berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), adalah patokan atau ukuran sebagai pedoman bagi manusia dalam bertindak.

Secara umum, kaidah dibedakan atas dua hal, yaitu kaidah etika atau kaidah hukum. Kaidah etika merupakan kaidah yang meliputi norma susila, norma agama dan norma kesopanan.

Harapannya, isi berita yang disuguhkan kepada khalayak, tetap berdasar pada makna kaidah tersebut, yang tetap berpegang teguh pada Kode Etik Wartawan Indonesia (KEWI), Kode Etik Jurnalistik (KEJ) serta kaidah-kaidah jurnalistik yang disepakati bersama.

Produk-produk jurnalistik kaidah.id, akan lebih mengedepankan story daripada news, meskipun tetap ada berita langsung, tetapi tidak menjadi fokus.

Kaidah.id, adalah rumah bagi semua. Kami independen dan berani. Berpihak pada kebenaran dan penjaga kepentingan publik, penjaga hak azasi manusia dan menyuguhkan informasi yang jujur tanpa hoax.

Bagi kami, yang benar adalah benar dan salah, tetaplah salah. Terima kasih