PALU, KAIDAH.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu, menggelar bimbingan teknis (bimtek) terhadap Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Bimtek yang berlangsung pada Kamis, 20 Juni 2024 di salah satu hotel di Kota Palu itu, guna meningkatkan akurasi data pemilih dan kelancaran penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah serta pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu Tahun 2024.

“Bimtek ini diikuti oleh masing-masing lima orang anggota PPK dan dua orang dari masing-masing PPS,” kata Ketua Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Kota Palu, Muhammad Musbah kepada kaidah.id Kamis siang ini.

Mereka yang hadir sebagai peserta ini, katanya, nanti akan membimbing para Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) di tingkat kelurahan masing-masing.

Menurutnya, bimbingan kepada Pantarlih akan dilaksanakan pada tanggal 24 Juni di setiap kecamatan.

“Setelah pelantikan dan bimtek, akan diadakan apel siaga dan dilanjutkan dengan coklit tokoh masyarakat setempat,” kata Musbah.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Palu Idrus menjelaskan, bimtek ini menjadi sangat penting, karena untuk memastikan data pemilih yang digunakan dalam pemilihan nanti akurat dan telah diperbarui.

“Makanya materi di Bimtek ini tentang pemutakhiran data pemilih, penggunaan Sistem Informasi Data Pemilih (SIDALI), dan praktik E-Coklit sebagai alat bantu pencocokan dan penelitian data pemilih oleh Pantarlih,” bebernya.

Pihak KPU Kota Palu, kata Idrus, menggelar bimtek ini dengan menggunakan metode ceramah dan simulasi, agar para peserta tidak hanya paham materinya, tetapi juga terampil dalam menerapkannya.

Menurut Idrus, bimtek yang didanai oleh Dana Hibah Pilkada ini akan berakhir pada 24 Juni 2024 nanti. Setelah itu, PPK dan PPS yang telah mengikuti bimtek ini, siap untuk melanjutkan bimbingan kepada Pantarlih setelah mereka dilantik. (*)

Editor: Ruslan Sangadji