PALU, KAIDAH.ID – Lebih dari 354 orang calon pasien operasi katarak di Palu menjalani pemeriksaan kesehatan, yang digelar di Youth Center Jalan Pattimura, Palu.

Pemeriksaan ini bertujuan, untuk menentukan kelayakan para calon pasien menjalani operasi katarak yang dijadwalkan pada 14 September 2024 di Rumah Sakit dr. Sindu Trisno, Palu. Dan ternyata, dari jumlah calon pasien sebanyak itu, hanya sekitar 101 orang saja dinyatakan bisa lanjut untuk operasi. Dari jumlah itu, 81 orang menderita katarak dan sisanya pterigium.

Pemeriksaan Kesehatan tersebut, dilakukan oleh tim dokter dari Erha Jakarta dan Himpunan Bersatu Teguh (HBT), dibantu Tim Bantuan Medis AXIS dari Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako dan petugas dari Puskesmas Kamonji, Palu.

Operasi katarak ini merupakan aksi sosial dalam rangka memperingati 100 tahun pembaptisan Katolik di Sulawesi Tengah, yang bekerja sama dengan banyak pihak, mulai dari Yubileum, Roa Jaga Roa, Korem 132/Tadulako dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah serta Golden Bakery.

Operasi katarak ini, diharapkan dapat membantu meningkatkan kualitas hidup para pasien, terutama bagi mereka yang memiliki keterbatasan akses terhadap layanan kesehatan mata.

Kegiatan sosial ini menjadi bagian dari langkah besar, untuk memberikan solusi bagi ribuan warga, yang selama ini menderita akibat gangguan penglihatan.

Berikut foto-fotonya: