PARIGI, KAIDAH.ID – Penjabat Bupati Parigi Moutong Richard Arnaldo, membuka kegiatan Sosialisasi Bantuan Sarana Pembangunan dan Rehabilitasi Sekolah Metode Penyedia dan Swakelola.
Dalam sambutannya, Penjabat Bupati Richard Arnaldo mengatakan, penting diketahui bersama, pelaksanaan kebijakan bantuan sarana prasarana pembangunan dan rehabilitasi sekolah, khususnya pekerjaan konstruksi rehabilitasi dan pembangunan tahun ini, diberikan kepada satuan pendidikan semua jenjang TK, SD, dan SMP.
“Ini bentuk kepedulian pemerintah pusat dan pemerintah daerah, untuk sinergi program,” kata Bupari Richard secara virtual pada acara yang berlangsung di Aula SPNF SKB Songulara, Kamis, 13 Juni 2024.
Richard sangat mengapresiasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Parigi Moutong, yang terus berupaya melakukan pendampingan, sosialisasi dan bimbingan kepada satuan pendidikan semua jenjang baik TK, PAUD, SD dan SMP.
“Dengan begitu, target pemerintah pusat dalam pemenuhan standar sarana dan prasarana sekolah menuju SNP (Standar Nasional Pendidikan) khususnya sarana, insya Allah bisa kita capai,” ucapnya.
Standar Pelayanan Minimal sarana dan parasarana (SPM Sarpras) pendidikan, kata Richard, dalam kurun waktu tiga tahun terakhir, telah dicapai.
“Dari 114 jumlah SMP di Kabupaten Parigi Moutong, sekitar 60 persen yang dinyatakan tuntas sarpras,” ujarnya.
Artinya, kata Richard, sekolah itu telah memiliki toiltet dan sarana sanitasinya yang layak, perpustakaan sekolah, laboratorium, ruang guru, ruang kepala sekolah, rumah dinas guru, ruang kelas, dan sarana penunjang lainnya.
Sementara untuk jenjang Sekolah Dasar dan TK/PAUD, kata Richard Arnaldo, juga perlu pendampingan khusus, terutama dalam pemutakhiran data usulan sarana dan prasarana ke dalam Dapodik.
Dia berharap, penilaian tingkat kerusakan bangunan di satuan pendidikan dengan form PUPR, dan pemutakhiran data sarpras dapodik, sebagai basis perhitungan dan landasan perencanaan DAK fisik bidang pendidikan, agar dapat disosialisasikan. (*)
Editor: Ruslan Sangadji
Tinggalkan Balasan