JAKARTA, KAIDAH.ID – Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, melantik Komjen (Purn) Rudy Sufahriadi, sebagai Pj Gubernur Papua Selatan. Ia menggantikan Apolo Safanpoyang, yang mengundurkan diri karena maju pada Pilkada 2024.

Pelantikan itu dilaksanakan pada Senin, 5 Agustus 2024, pukul 14:20 WIB, di Gedung Sasana Bhakti Praja, Kementerian Dalam Negeri, Jakarta Pusat.

“Demi Allah saya bersumpah, akan memenuhi kewajiban saya sebagai penjabat gubernur dengan sebaik-baiknya, dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 dan menjalankan segala Undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada masyarakat, negara dan bangsa,” kata Rudy Sufahriadi mengkuti sumpah yang dibacakan Mendagri Tito Karnavian.

Seusai pembacaan sumpah, Tito menegaskan bahwa pelantikan ini dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 76/P Tahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Penjabat Gubernur.

Untuk diketahui, Komjen Pol Rudy Sufahriadi, pernah dua kali menjadi Kapolda Sulteng. Jabatan pertama saat masih berpangkat Brigadir Jenderal, dan jabatan kedua ketika berpangkat Inspektur Jenderal.

Setelah itu, dimutasi ke Jakarta dan ia naik pangkat menjadi Komisaris Jendral dan menduduki posisi sebagai Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas).

Setelah itu, Rudy Sufahriadi purna bakti dari Polri dan diangkat menjadi Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga di Kementerian Pemuda dan Olahraga. Ia dilantik dalam jabatan itu pada 11 September 2023, kemudian Senin pagi dilantik sebagai Penjabat Gubernur Papua Selatan. (*)

Editor: Ruslan Sangadji