MILAN, KAIDAH.ID – Indonesia perlu mewaspadai penumpang pesawat yang terbang dari China, karena dikhawatirkan mereka masih membawa Covid-19.

Kewaspadaan itu menjadi penting, karena belum lama ini, separo penumpang penumpang pesawat yang terbang dari China ke Italia, ternyata positif Covid-19.

Bahkan, dua penerbangan ke Milan tersebut termasuk penerbangan pertama yang menerapkan kewajiban tes Covid-19 lagi bagi pelancong dari China. .

Anggota Dewan Kesejahteraan Regional Lombardy, Italia, Guido Bertolaso, mengatakan sebagaimana dikutip dari kompas.com yang dilansir dari Sky News pada Kamis, 29 Desember 2022, pada penerbangan pertama, dari 92 penumpang, 38 orang di antaranya 38 positif Covid-19. Sedangkan pada penerbangan kedua, dari 120 penumpang, 62 orang di antaranya positif Covid-19.

Dari Bloomberg melansir, otoritas Milan melaporkan, sebagian besar penumpang pesawat dari China yang ditemukan positif Covid-19 tersebut, tidak menunjukkan gejala apa-apa.

Media lokal Italia menyebut, pemerintah khawatir soal kemunculan varian baru Covid-19 di tengah lonjakan kasus di China.

Maka dari itu, selain melakukan tes Covid-19, otoritas Milan disebut bakal melakukan tes sequencing guna meneliti apakah terdapat varian Covid-19 baru di antara para penumpang yang dinyatakan positif virus corona tersebur. Jika terkonfirmasi ada varian baru, otoritas Italia berencana menerapkan pemeriksaan dan aturan yang lebih ketat kepada setiap pendatang dari China. (*)