Rabu, 24 April 2024

DPRD Parigi Moutong Sampaikan Hasil Reses kepada Eksekutif

Sekretaris Daerah Kabupaten Parigi Moutong saat menerima rangkuman hasil reses DPRD masa persidangan III tahun 2023, Senin, 8 Januari 2024 | Foto: Kominfo Parigi Moutong

PARIGI, KAIDAH.ID – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Parigi Moutong, menggelar rapat paripurna dalam rangka menyampaikan hasil reses untuk masa persidangan III tahun 2023.

Rapat paripurna yang berlangsung pada Senin, 8 Januari 2024 di Ruang Rapat DPRD itu, dipimpin oleh Wakil Ketua II DPRD setempat Alfres M Tonggiroh, didampingi Wakil Ketua I Faisan dan dihadiri sejumlah anggota DPRD Kabupaten Parigi Moutong.

Sedangkan dari pihak pemerintah, dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Parigi Moutong Zulfinasran, Asisten Setdakab, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan sejumlah undangan lainnya.

Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Parigi Moutong Alfres M Tonggiroh mengatakan, tujuan pelaksanaan reses untuk menyerap dan menjaring aspirasi yang berkembang di masyarakat Kabupaten Parigi Moutong pada daerah pemilihan.

Menjaring aspirasi itu, kata dia, dalam upaya menyejahterakan rakyat, serta melaksanakan tugas pokok dan fungsi terkait pembentukan peraturan daerah, anggaran dan pengawasan.

“Reses bagi anggota DPRD ini menjadi penting, karena selain menjaring aspirasi masyarakat, juga bertemu dengan konstituen pada daerah pemilihan masing masing,” kata Alfres M. Tonggirah.

Reses juga, katanya, dalam rangka meningkatkan kualitas produktivitas serta kinerja anggota DPRD, untuk mewujudkan keadilan dan kesejahteraan rakyat.

Dia menjelaskan, dari reses tersebut, tekah terangkum dalam usulan yang menjadi pokok pikiran, untuk selanjutnya diserahkan kepada eksekutif (bupati) untuk menjadi bahan penyusunan Anggaran dan Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

Rangkumam pokok pikiran itu, antara lain pengadaan mobil pemadam kebakaran dan ambulans di wilayah utara.

Selanjutnya, perlu perbaikan dan peningkatan infrastuktur jalan, jembatan, drainase, irigasi pertanian, sanitasi, air bersih dan RTLH serta penerangan jalan.

Masyarakat juga meminta penting adanya bantuan bibit, pupuk dan pestisida, mesin perikanan seeta alat pengelola kuliner.

“Berikutnya adalah perlu memajukan potensi wisata alam dan wisata kuliner, bantuan peralatan seni dan budaya serta sarana dan prasarana olahraga,” tandas Alfres M. Tonggirah.

Sekretaris Daerag Kabupaten Parigi Moutong Zulfinasran atas nama Pj. Bupati Richard Arnaldo, telah menerima rangkuman hasil reses DPRD tersebut. (*)

Berita ini berbentuk advertorial yang diterbitkan atas kerja sama kaidah.id dan Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong.