Rabu, 24 April 2024

Selamat! Parigi Moutong, Kota Kecil Penerima Anugerah Adipura 2023

ANUGERAH ADIPURA - Penjabat Bupati Parigi Moutong Richard Arnaldo saat menerima Anugerah Adipura 2023 dengan Kategori Kota Kecil | Foto: ist

JAKARTA, KAIDAH.ID – Kabupaten Parigi Moutong menjadi salah satu daerah di Sulawesi Tengah (Sulteng), yang menerima Anugerah Adipura Tahun 2023.

Penjabat Bupati Parigi Moutong Richard Arnaldo Djanggola, yang diundang menerima penghargaan tersebut, pada Selasa, 5 Maret 2024 di Jakarta.

“Parigi Moutong menerima penghargaan Adipura 2023 dengan kategori kota kecil,” kata Richard Arnaldo kepada kaidah.id, Selasa sore.

Penerimaan penghargaan yang berlangsung di Gedung Manggala Wanabakti, Jl Gatot Subroto, Jakarta Pusat itu, berdasarkan surat dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Berbahaya dan Beracun, Nomor UN.13/PSLBJ/PAS/PLB.0/2/2024 tentang Penganugrahan Penghargaan Adipura 2023.

TARGET NOL EMISI PADA 2050

Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin menyerahkan secara langsung Penghargaan Adipura Tahun 2023 kepada Kabupaten Parigi Moutong, karena dinilai berprestasi dalam pengelolaan kebersihan dan kesehatan lingkungan hidup.

Pada ajang penghargaan tertinggi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) ini, Wapres menyoroti masalah pengelolaan sampah, yang saat ini menjadi salah satu perhatian utama pemerintah.

“Di tahun 2025, kita menetapkan target Kebijakan dan Strategi Nasional (Jakstranas) pengurangan sampah sebesar 30%, dan penanganan sampah sebesar 70%. Selain itu, Pemerintah juga menargetkan Nol Sampah Nol Emisi di tahun 2050,” sebut Wapres dalam pidatonya di Auditorium Manggala Wanabhakti, Kementerian LHK.

Untuk mewujudkan target-target tersebut, Wapres Ma’ruf Amin mendorong pemerintah daerah agar menerapkan sistem pengelolaan sampah secara terpadu dari hulu ke hilir.

“Sistem terintegrasi ini tidak hanya membutuhkan terobosan-terobosan yang implementatif, tetapi juga menuntut kinerja optimal pemerintah daerah, serta partisipasi aktif masyarakat,” tegas Wapres seperti rilis dari Setwapres yang diterima kaidah.id Selasa malam.