Sabtu, 13 Juli 2024

Survei Populi Center: Pilkada Sulteng Bakal Sengit Jika Derby Wosu Bertarung

Anwar Hafid dan Ahmad Ali | Foto: kolase kaidah

PALU, KAIDAH.ID – Populi Center merilis hasil survei Partisipasi dan Preferensi Pemilih Jelang Pilkada Serentak 2024, di Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), pada Sabtu, 6 Juli 2024.

Hasil survei yang dilakukan pada periode 24 Juni hingga 3 Juli 2024 itu, menempatkan bakal calon Gubernur Anwar Hafid dengan elektabilitas tertinggi mengalahkan tiga kandidat lainnya, Rusdy Mastura, Mohamad Irwan Lapata dan Mohammad Hidayat Lamakarate.

Survei dengan mengambil sample 1.000 responden yang dipilih secara acak (multistage random sampling), menggunakan metode wawanacara tatap muka itu, elektabilitas Anwar Hafid berada di angka 46,7 persen pada simulasi pertama.

Peneliti Populi Center Hartanto Rosojati yang dihubungi kaidah.id pada Sabtu malam mengatakan, di urutan kedua adalah Rusdy Mastura (26,8 persen), menyusul dan Mohamad Irwan Lapata di urutan ketiga dengan elekabilitas 6,6 persen.

Kemudian pada simulasi kedua, Anwar Hafid masih tetap unggul di angka 39,3 persen, disusul pada urutan kedua adalah Ahmad Ali (38,6 persen), dan Mohamad Irwan Lapata (6,5 persen).

Populi Center membuat simulasi ketiga, Anwar Hafid juga masih unggul dengan 37,3 persen, menyusul Ahmad Ali (36,5 persen), dan Hidayat Lamakarate (11,2 persen).

Pada simulasi terakhir, Ahmad Ali unggul dengan 33,5 persen, disusul Anwar Hafid (31,8 persen), dan Rusdy Mastura (21 persen).

Lembaga itu juga membuat simulasi pertarungan head to head antara Anwar Hafid vs Mohamad Irwan Lapata. Pada simulasi itu, Ketua DPD Partai Demokrat Sulteng itu masih berada di puncak elektabilitas, yakni 65,6 persen. Sedangkan seterunya, berada di angka 11,1 persen.

Kemudian, jika hanya ada dua kandidat yang bertarung pada Pilkada 2024, yaitu Anwar Hafid dan Mohammad Hidayat Lamakarate, tetap mantan Bupati Morowali itu tetap berada di top satu dengan meraih angka elektabilitas 63,7 persen. Sedangkan mantan Sekprov Sulteng berada di angka 14,3 persen.

Pada simulasi berikut, petahana Rusdy Mastura kalah. Gubernur Sulteng yang masih menjabat itu mendapatkan angka elektabilitas 31 persen, sedangkan Anwar Hafid yang menjadi penantangnya mendapatkan angka 49,9 persen.

Jika Pilkada Sulteng mempertandingkan derby putra Wosu, Morowali, Anwar Hafid dan Ahmad Ali, hanya terpaut sekira 2 persen, yakni 43,3 persen dan 41,4 persen. Anwar masih unggul.

SIMULASI PASANGAN

Populi Center juga melakukan survei pasangan calon gubernur dan wakil gubernur. Pada simulasi pertama, Anwar Hafid – Reny A. Lamadjido meraih angka 43,3 persen. Angka itu jika pasangan ini melawan pasangan yang tidak mungkin terjadi, yaitu Rusdy Mastura – Ahmad Ali, yang meraih 36,1 persen.

Pada simulasi kedua, pasangan Anwar Hafid – Reny Lamadjido dengan 41,4 persen mengungguli pasangan Ahmad Ali – Abdul Karim Aljufri dengan 39,9 persen.

Dari temuan survei di 13 kabupaten/kota tersebut, kata Hartanto Rosojati, perebutan kursi Gubernur Sulteng diperkirakan akan berlangsung sengit, terutama jika yang berkompetisi adalah Anwar Hafid dan Ahmad Ali.

Survei tersebut mendapatkan rentang Margin of Error (MoE) ±4– 4,8 persen, dengan tingkat kepercayaan 95 persen. (*)

Editor: Ruslan Sangadji