Dua Warga Poso Tewas di Tangan MIT

  • Bagikan
Peta Kecamatan Lore Timur Poso, Sulawesi Tengah | Foto: by Bagas Chrisara is licensed under CC BY-SA 4.0

POSO, KAIDAH.ID  – Dua warga Desa Kalimago, Kecamatan Lore Timur, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, tewas dibunuh orang tak dikenal, Selasa 11 Mei 2021 pagi. Warga setempat menduga, para pelaku itu adalah kelompok teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT).

Dua warga yang dibunuh adalah Papa Dewi dan Nenek Ubad. Dari kiriman foto yang diterima kaidah.id kondisi kedua korban sangat mengenaskan. Bahkan kepala salah seorang korban, terlepas dari tubuhnya.

Dari laporan singkat disebutkan, Papa Dewi, Nenek Ubad dan Papa Kila sedang duduk santai di pondok kebun mereka. Sekitar jam 8 pagi, datang 5 orang tak dikenal dengan sangat mencurigakan. Karena ketakutan, Papa Kila kemudian lari, meninggalkan Papa Dewi dan Nenek Ubad.

Selang beberapa saat, warga kemudian menemukan kondisi Papa Dewi dan Nenek Ubad telah meninggal dunia dengan kondisi mengenaskan. Satu unit sepeda motor di tempat itu juga dibakar.

Belum ada keterangan resmi dari pihak kepolisian. Tetapi jika melihat kenyataan selama ini, sangat patut diduga, pelaku pembunuhan itu adalah kelompok MIT yang hingga kini masih terus bergerilya di hutan Poso dan sekitarnya.

Ny. Agustina, salah seroang warga Palu mengatakan, dia menerima telepon dari saudaranya di Kalimago, mengatakan kalau mereka sangat ketakutan dan meminta agar dijemput. Tapi sambungan telepon kurang baik sehingga pembicaraan selalu terputus.

Februari 2015 silam, Kepala Desa Kalimago, Andi Baide juga dinyatakan hilang saat sedang mengambil kayu di pegunungan setempat. Desember 2014, empat orang warga Desa Kalimago juga terbunuh oleh kelompok teroris MIT di kebun mereka. (Ochan)

  • Bagikan