Kami Diperlakukan Seperti Anak Kandung

  • Bagikan
Al Habib Saggaf bin Muhammad bin Idrus bin Salim Aljufri | Foto: istimewa

Ketua Utama Alkhairaat, Al Habib Saiyid Saggaf bin Muhammad bin Idrus bin Salim Aljufri, telah tiada. Sang guru mulia itu telah syahid pada Selasa, 3 Agustus 2021 dan dimakamkan pada Rabu, 4 Agustus 2021 siang kompleks pemakaman keluarga di Masjid Alkhiaraat, Palu.

Banyak kenangan yang para murid dengan Al Habib. Salah satunya adalah Sofyan Arsyad, mantan wartawan Alkhairaat yang kini bekerja di Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah.

Bagi Sofyan Arsyad, siapa saja yang pernah bertemu dan mengenal Al Habib Saggaf, pasti menyimpan kesan dan kenangan yang sulit dilupakan.  Ketika itu, Kamis, 3 Juli 1997, saat melintas di Jalan SIS Aljufri,  ia melihat Al Habib Saggaf berdiri di depan Koperasi Alkhairaat (sekarang Swalayan Alkhairaat).

Sangat Kebetulan saya bertemu, dan langsung mendekat.  Rugi rasanya bila bertemu dan tak mencium tangan Al Habiib nan lembut itu. Anies Baswedan pun mengakui itu dalam kiriman video duka citanya.

Sofyan mendekat dan menyampaikan maksudnya. “Ustadz (sapaan akrab kami), mudah-mudahan ustadz tidak berhalangan hadir Jumat besok di akad nikah saya,” kata saya kala itu.

Al Habib Saggaf mendampingi Sofyan Arsyad saat menikah tahun 1997 | Foto: Sofyan Arsyad/Kaidah

Al Habib terlihat kaget. Seketika saya diperintahkan ke rumah ustadz Anshar Ismail Zain (almarhum) di Perumnas Balaroa. 

“Sekarang ente ke sana. Minta beliau sampaikan salam dan permohonan maaf saya kepada Bupati Donggala, H. Syahbuddin Labadjo. Saya tetap akan ke sana di lain waktu,” perintah Al Habib Saggaf waktu itu.

  • Bagikan