Demi Kemanusiaan, ASN Kemenag Kota Palu Rela Jadi Kurir Makanan di Komunitas Roa Jaga Roa

  • Bagikan
KURIR ROA JAGA ROA - Satar Laupo, ASN di Kantor Kemenag Sulteng yang menjadi kurir di Roa Jaga Roa, untuk mengantarkan makanan kepada warga yang isoman karena terpapar Covid-19 | Foto: Fuad/Kaidah

PALU, KAIDAH – Jumat, 27 Agustus 2021 malam, sejumlah orang sedang asyik dengan aktivitas di Posko Relawan Roa Jaga Roa, di Kompleks Radio Nebula, Jalan Rajawali Nomor 28 Palu. Tiba-tiba datang senior kami, Satar S. Laupo, sambil menenteng kantong plastik berwarna mereka.

“Ini kacang ijo (hijau) masih panas. Buatan istri saya ini, untuk Relawan Roa Jaga Roa,” kata Satar sembari menyodori wadah di dalam kantong plastik itu.

Kami di Posko Relawan Roa Jaga Roa kemudian mencicipi kacang ijo buatan Ny. Satar S. Laupo itu.

Satar adalah pegawai di Kantor Kementerian Agama Kota Palu. Ia juga adalah aktivis KAHMI yang dikenal sangat aktif. Pergaulannya luas sehingga dikenal banyak orang di Kota Palu.

Satar, tidak hanya sekadar membawakan kacang ijo kepada kami di Posko Relawan Roa Jaga Roa, tetapi ia juga menjadi kurir mengantarkan makanan kepada warga Palu dan sekitarnya yang sedang menjalani isolasi mandiri, karena terpapar Covid-19.

Kepedulian Satar itu kemudian diabadikan Fuad, rekan sekantornya di halaman Facebook KanKemenag Palu. Fuad memberi judul tulisannya: Peduli Warga yang Lakukan Isoman, ASN Kemenag Kota Palu Jadi Kurir Makanan.

Fuad sendiri, adalah salah seorang warga Palu yang sedang isoman bersama empat anggota keluarganya, karena positif Covid-19.  Fuad dilayani oleh Relawan Roa Jaga Roa.

Fuad menulis, banyaknya penderita Covid-19 di Kota Palu yang melakukan isolasi mandiri (isoman), membuat sejumlah kalangan menggalang kepedulian terhadap warga isoman lewat berbagai komunitas.

Berbagai orang dengan beragam latar belakang itu, bergabung untuk mendedikasikan diri mereka, bahu membahu dalam aksi kemanusiaan tersebut. Tidak terkecuali Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Agama Kota Palu.

Salah seorang yang terlibat dalam aksi kemanusiaan itu, adalah Satar Laupo. Ia menjadi kurir Roa Jaga Roa untuk mengantar makanan siap  saji kepada warga yang isoman. Banyak apresiasi dari sejumlah ASN lainnya yang ditujukan kepada Satar.

“Ini patut diberi bintang dan patut dicontoh,” kata Zulfiah Mansyur, penyuluh Agama Kemenag sembari membagikan foto aksi Satar sedang membagikan makanan.

Satar tidak hanya menjadi relawan di Roa Jaga Roa. ASN yang bekerja di Satker Seksi Pendidikan Islam Kemenag Kota Palu ini, bersama keluarganya juga sering menyiapkan paket makanan dan vitamin untuk dibagikan kepada warga yang isoman karena terpapar Covid-19.

Satar mengatakan, dia menjadi kurir di Roa Jaga Roa, semata-mata demi kemanusiaan. *

  • Bagikan