Enam Desa di Parigi Moutong Sulawesi Tengah Diterjang Banjir

  • Bagikan
BANJIR - Banjir menerjang enam desa di Kecamatan Tomini, Kabupaten Parigi Moutong, SUlawesi Tengah, Ahad, 12 September 2021 | Foto: N. Srikandi Passau/Kaidah

Menurut Camat Tomini, ketinggian air sekitar 100 centimeter. Air meluap 100-200 meter dari bantaran sungai ke pemukiman warga.

TOMINI, KAIDAH.ID – Intensitas curah hujan yang tinggi di Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah (Sulteng), mengakibatkan banjir menerjang Kecamatan Tomini. Puluhan rumah warga terendam akibat banjir yang terjadi Ahad, 12 September 2021 malam.

Camat Tomini,  Mukmin Muharam membenarkan banjir tersebut. Dia mencatat ada enam desa yang terendam, yaitu Desa Tingkulang, Tomini Utara, Ogotomubu Barat, Ogotomubu, dan Desa Ntaniuge.

“Ya sungai di desa tersebut meluap akibat tak mampu menahan debit air yang besar sehingga merendam pemukiman warga,” katanya.

Menurut Camat Tomini, ketinggian air sekitar 100 centimeter. Air meluap 100-200 meter dari bantaran sungai ke pemukiman warga.

Camat mengakui telah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Parigi Moutong, untuk melakukan penanganan sejumlah sungai. Tetapu BPBD baru akan merealisasikan anggaran pembangunan tanggul pada anggaran perubahan nanti, sementara normalisasi harus cepat dilakukan karena ini menyangkut keselamatan warga.

Sementara itu, anggota DPRD Provinsi Sulawesi Tengah, Muhammad Nur Dg Rahmatu mengatakan, pihaknya akan segera berkunjung ke Tomini untuk bertemu warga di enam desa yang terendam banjir tersebut.

“Ya, saya sudah menerima laporan dari Tomini, insya Allah dalam waktu dekat kami akan ke lokasi untuk mengecek keadaannya,” kata Nur Rahmatu. *

  • Bagikan