Kafilah STQ Sulteng Sudah Tiba di Sofifi. Gubernur Optimistis Bisa Meraih Juara

  • Bagikan
KAFILAH STQ SULTENG - Gubernur Sulawesi Tengah, Rusdy Mastura menyerahkan bendera LPTQ Sulteng kepada Ketua Kafilah STQ Sulteng, Muhammad Zen Ismail. Gubernur berharap kafilah Sulteng dapat meraih juara di even keagamaan tingkat nasional di Sofifi, ibu kota Provinsi Maluku Utara itu | Foto: Humas Pemprov Sulteng

“Buktikan kemampuan kalian secara maksimal. Tanamkan rasa percaya diri. Tapi jangan lupa berdoa semoga Allah SWT senantiasa memberi kemudahan dan kelancaran dalam mencapai harapan dan cita-cita kita bersama,” pesan Gubernur Rusdy Mastura.

PALU, KAIDAH.ID – Kafilah Sulawesi Tengah (Sulteng) yang mengikuti Seleksi Tilawatil Quran ke 26 Tingkat Nasional, telah tiba di Sofifi, Ibu Kota Provinsi Maluku Utara (Malut), Rabu 13 Oktober 2021 siang.

“Alhamdulillah, 43 orang peserta, pelatih, pendamping dan official sekarang sudah berada di Sofifi. Kami berangkat pagi tadi dari Palu,” kata Sofyan Arsyad, salah seorang official dari Kanwil Kementerian Agama  Sulteng kepada kaidah.id, Rabu siang.

Menurut Sofyan, jumlah kafilah Sulteng sebanyak itu, karena selain peserta, pelatih dan official, ada juga orang tua para qari, qari’ah, hafidz, hafidzah, mufassir mufassirah dan peserta lainnya yang ikut mendampingi ke Sofifi.

Para peserta dan pelatih, kata dia, yang saat ini sudah berada di Sofifi, menempati 10 rumah ASN di yang disiapkan Pemerintah Provinsi Maluku Utara sebagai pemondokan kafilah.

“Masing-masing rumah diisi empat orang. Fasilitasnya tak kalah dengan hotel,” kata Sofyan Arsyad yang juga mantan wartawan Media Alkhairaat itu.

Sementara itu, Tim Ahli Gubernur Sulawesi Tengah, M Ridha Saleh mengatakan, Gubernur Rusdy Mastura berencana berangkat ke Sofifi pada Jumat, 15 Oktober 2021.

“Tapi Gubernur akan ke Makassar pada Kamis 14 Oktober, kemudian terbang ke Ternate Jumat pagi,” kata Edang, sapaan akrab Ridha Saleh.

Kepada Kafilah Sulteng, Gubernur Rusdy Mastura berharap agar dapat mengukir prestasi untuk mengharumkan nama Sulteng dan pulang membawa piala yang dipersembahkan kepada warga Sulteng.

“Buktikan kemampuan kalian secara maksimal. Tanamkan rasa percaya diri. Tapi jangan lupa berdoa semoga Allah SWT  senantiasa memberi kemudahan dan kelancaran dalam mencapai harapan dan cita-cita kita bersama,” pesan Gubernur Rusdy Mastura.

Gubernur meyakini, kafilah Sulteng dapat meraih prestasi terbaik pada STQ ke 26 Tingkat Nasional  yang berlangsung pada 14 – 23 Oktober 2021 di Sofifi, karena peserta yang berjumlah 19 orang itu telah dibimbing oleh para pelatih yang berkompeten di bidangnya masing-masing.

“Kafilah yang mengikuti STQ itu merupakan peraih juara pada STQ tingkat Provinsi Sulteng yang berlangsung di Kabupaten Banggai Laut, pada Agustus 2021 lalu. Saya menitipkan harapan pada cabang tilawah golongan kanak-kanak dan dewasa, hifzil Qur’an 5 juz, 10 juz dan 30 juz serta lomba hadist dapat membawa pulang piala,” pinta Gubernur.

Tetapi, kata Gubernur, terlepas dari optimisme meraih juara, yang paling penting adalah dapat  menjadikan momentum STQ Nasional untuk memperdalam dan memperkaya pengetahuan tentang Al Quran, serta dapat diimplementasikan dengan baik dalam kehidupan sosial keagamaan. *

  • Bagikan