Senin, 20 Mei 2024

Haul ke 54 Guru Tua Dilaksanakan Terbuka

ALKHAIRAAT - Pendiri Perguruan Islam Alkhairaat, Habib Idrus bin Salim Aljufri atau Guru Tua bersama murid-murid beliau | Foto: ist

PALU, KAIDAH.ID – Haul Pendiri Alkhairaat, Habib Idrus bin Salim Aljufri atau yang akrab disapa Guru Tua dipastikan akan dilaksanakan pada 12 Syawal 1443 Hijriyah. Keputusan itu disampaikan oleh Ketua Umum Pengurus Besar Alkhairaat, Habib Ali bin Muhammad Aljufri, pada Jumat 16 April 2022.

“Sudah kita tetapkan haul ke 54 Guru Tua pada 12 Syawal 1443 Hijriyah, kalau dalam hitungan miladiyah, insya Allah antara 13 atau 14 Mei 2022 mendatang,” kata Habib Ali.

Habib Ali berkata, pelaksanaan Haul Guru Tua ke 54 ini akan terbuka secara umum bagi seluruh abna atau warga Alkhairaat di Provinsi Sulawesi Tengah. Sedangkan kehadiran abna dari luar Sulteng masih menjadi bahan pertimbangan.

“Insya Allah Haul Guru Tua tahun ini ada, tapi kita tidak menyebarkan undangan itu ke para abna di luar Sulteng, tetapi juga tidak akan membatasi kedatangan para abna dari daerah yang menjadi basis Alkhairaat seperti Ternate, Kalimantan, Sulsel, Jakarta bahkan Papua,” jelas Habib.

Habib Ali juga mengemukakan konsep Haul kali ini tidak akan berbeda jauh dengan tahun sebelum adanya Covid-19, yakni dengan menggelar Festival Raodha sebelum puncak pelaksanaan Haul Guru Tua yang ke 54.

Hingga kini, sebanyak 15 ribu lebih abnaulkhairaat diperkirakan menghadiri Haul ke 54 Guru Tua nanti.

“Kehadiran tokoh negara seperti Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin juga belum dapat dipastikan, hanya para abna saja yang ada di Sulteng akan hadir,” lanjut Habib Ali. (*)