Sabtu, 24 Februari 2024

Pelantikan MD KAHMI Buol dan Obsesi Dirikan Perguruan Tinggi

KAHMI BUOL - Pengurus MD KAHMI Kabupaten Buol foto bersama usai pelantikan | Foto: Gunawan Wibisono/Kaidah

BUOL, KAIDAH.ID – Ketua Umum Majelis Wilayah.(MW) Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Andi Mulhanan Tombolutu, melantik Pengurus Majelis Daerah (MD) KAHMI Kabupaten Buol Masa Bakti 2022-2027, yang dinahkodai Yamin Rahim.

Dalam sambutannya usai dilantik, Ketua MD KAHMI Buol mengatakan, pihaknya berobsesi mendirikan perguruan tinggi KAHMI di Buol.

“KAHMI dengan koneksi yang luas dapat mengupayakan adanya perguruan tinggi di Kabupaten Buol,” katanya.

Bahkan, untuk kepentingan itu, kata Yamin Rahim, Bupati Buol Amiruddin Rauf telah menyerahkan sebidang tanah untuk pembangunan gedung KAHMI.

“Terima kasih Pak Bupati karena telah menyiapkan tanah untuk KAHMI Buol,” kata mantan Ketua Umum HMI Cabang Palu itu.

Dia menambahkan, nantinya KAHMI Buol akan berperan sebagai gerbong dan lokomotif pembangunan di Kabupaten Buol.

Ketua MW KAHMI Sulteng, Andi Mulhanan Tombolotutu mengatakan, peran alumni HMI atau KAHMI, seyogianya dapat mengimplementasikan tujuan HMI, yakni terbinanya insan akademis, pencipta, pengabdi yang bernafaskan Islam, dan bertangung jawab atas terwujudnya masyarakat adil makmur yang diridhai Allah subhanahu wata’ala.

“Maka kita harus terus melakukan introspeksi diri dengan membangun ukhuwah sesama, saling membantu, tingkatkan soliditas dan solidaritas. Dan jangan lupa, tetap yakin bahwa usaha kita akan sampai pada tujuannya dengan iman, ilmu, dan amal,” kata Mulhanan yang juga Pengurus Kadin Indonesia itu.

Menurutnya, di KAHMI, yang dibutuhkan adalah impelemntasi dan tanggung jawab memberi konstribusi terhadap daerah, dengan tetap menjaga hubungan baik dan saling membantu.

“Kekuatan dan potensi KAHMI harus dikelola secara profesional. Kita diminta memberikan kontribusi untuk daerah ini, minimal dengan memberikan ide-ide yang positif untuk kemajuan bersama,” harap Kak Tony, sapaan akrab Andi Mulhanan Tombolotutu.

Pada kesempatan yang sama, calon Sekjen Majelis Nasional KAHMI itu berharap peran serta MD KAHMI Kabupaten Buol dalam Munas XI KAHMI November 2022 di Palu.

“Minimal peran kita adalah ikut melayani para delegasi dari berbagai MW dan MD seluruh Indonesia di Munas XI nanti,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Buol Amiruddin Rauf, menjelaskan tentang peradaban Islam dalam bingkai ukhuwah islamiyah.

Bupati yang juga Pengurus MW KAHMI Sulteng itu menjelaskan pula tentang pembangunan di Kabupaten Buol, yang berbasis kesejahteraan masyarakat di bidang pertanian dan peternakan.

“Itu program unggulan kami, yang bertujuan untuk penanggulangan kemiskinan. Maka saya berharap, KAHMI dapat berperan sehingga tetap eksis dan konsisten pada komitmen kerakyatan di era yang penuh tantangan ini,” tandas Bupati Amiruddin Rauf. (*)