Sabtu, 20 Juli 2024

Yuk! Ikuti Lomba Melamun di Solo

LOMBA MELAMUN - Seorang perempuan dalam pose sedang melamun | Foto: pixabay

SOLO, KAIDAH.ID – Jika ada yang suka melamun, ayo segera mendaftar pada acara Lomba Melamun di Solo pada 5 Maret mendatang. Lomba ini merupakan yang pertama kali diadakan di Indonesia.

Penginisitif Lomba Melamun ini adalah Jinju Academy, tempat kursus Bahasa Korea di Jalan DI Panjaitan, Solo.

Informasi mengenai Lomba Melamun ini, viral di berbagai group WhatsApp. Namun sebelumnya, penginisiatif acara itu mengunggahnya melalui akun Instagram mereka @jinjuacademy.

“Ini yang pertama di Indonesia. Kami mengadopsinya dari Korea Selatan,” kata Asriyanti, admin Jinju Academy.

Mengutip detik.com, pihak Jinju Academy mengatakan, ide itu muncul dari owner Jinju Academy. Ia memang warga negara Korea. itu yang menginspirasi Jinju Academy di Solo.

Menurutnya, tujuan lomba tersebut, untuk mengatur ulang pikiran dan mengurangi stress. Selain itu adanya lomba tersebut juga sebagai ajang promosi Jinju Academy.

Kompetisi melamun di Korea Selatan | Foto: vice

“Tujuannya memang, untuk mengatur ulang pikiran dan mengurangi stress sehingga harapannya jadi lebih produktif,” ungkapnya.

Sementara itu, terkait lomba melamun itu sendiri akan berdurasi selama 60 menit. Dengan maksimal peserta 40 orang. Pendaftarannya gratis.

Sedangkan syarat pendaftaran minimal berusia 6 tahun, untuk peserta 6-17 tahun dan orang wajib mendampingi.

Kontes melamun ini biasanya diadakan di kota-kota besar seperti Seoul, Incheon dan Daegu. Kontes Melamun adalah sebuah pertunjukan yang bertujuan menciptakan penjajaran visual, antara kehidupan kota yang sibuk dan peserta yang pasif.

Sejak kompetisi perdana di Seoul pada 2014 silam, acara meditasi serupa juga telah ada di kota-kota negara lain seperti Beijing, Rotterdam dan Taipei.

“Banyak yang menilai, melamu hanya buang-buang waktu. Kesalahpahaman ini perlu kita ubah, dan kami berusaha mewujudkan perubahannya,” bunyi keterangan pada situs resmi acara melalui vice. (*)