Sabtu, 20 Juli 2024

Pemprov Sulteng Serahkan 1.000 Pohon Bibit Durian kepada Petani

BIBIT DURIAN - Pemprov Sulteng membagikan bibit durian kepada kelompok tani di Palolo, Sigi | Foto: Diskominfo Santik

PALU, KAIDAH.ID – Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) membagikan bantuan 1000 pohon bibit durian varietas Montong Kani kepada petani.

Bantuan bibit durian tersebut sebagai tindak lanjut dari program Gubernur Sulteng Rusdy Mastura, yang mendapat amanah dari Menko Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan.

Juru Bicara Pemprov Sulteng Sudaryano R. Lamangkona menjelaskan, bantuan bibit durian itu, sudah diserahkan kepada Kelompok Tani (Gapoktan) Belo Singgani, Desa Rezeki, Kecamatan Palolo, Kabupaten Sigi pada Jumat, 8 September 2023.

“Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Sulteng menyiapkan 1.000 sampai 5 ribu pohon bibit durian yang kami bagikan kepada masyarakat sesuai permintaan,” kata Sudaryano yang juga Kepala Dinas Kominfo Santik Sulteng itu.

Dia melanjutkan, saat pencanangan Negeri Seribu Megalith pada 28 Oktober 2023, nanti, dinas itu menyediakan lagi sekitar 1.000 pohon bibit durian.

“Seluruh peserta apel siaga dan pejabat lingkup Pemprov Sulteng beserta undangan akan menanamnya di lokasi pencangan Negeri Seribu Megalith,” ucapnya.

Menurut Sudaryano, Gubernur Rusdy Mastura berharap, dalam waktu lima sampai 10 tahun ke depan, masyarakat sudah dapat merasakan durian tersebut. (*)